Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Cara UNISA Kenalkan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini dengan Gerak dan Lagu

Cara UNISA Kenalkan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini dengan Gerak dan Lagu

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat bertajuk “Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini melalui Gerak dan Lagu Di TK ABA Losari” di TK ABA Losari Ngaglik Sleman.  Kegiatan  ini dilangsungkan di pada hari Rabu, (5/6). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemenuhan tri dharma perguruan tinggi yang pada pelaksanaannya melibatkan lapisan masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan ketiadaan materi pengenalan Bahasa Inggris untuk anak usia dini di sekolah tersebut padahal anak usia dini adalah usia yang tepat untuk pengenalan kosakata Bahasa termasuk Bahasa asing.

“Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak TK atau usia dini tentang kosakata dasar Bahasa Inggris, jadi pengenalan dan penguatan karena minimnya input berbahasa asing yang diajarkan secara formal dari sekolah di masa golden age mereka” jelas Farida Noor Rohmah, M.Pd. , dosen di lingkungan Fikes Unisa, mengenai tujuan program pengabdian. Farida menambahkan bahwa pengenalan kosakata Bahasa Inggris ini dilakukan dengan metode yang berbeda dibandingan penyampaian ke orang dewasa tentunya, yaitu dengan metode gerak dan lagu.

Menanggapi program ini, Kepala Sekolah TK ABA Losari Ibu Isti WIdayanti, S.Pd.,  mengucapkan terimakasih kepada LPPM Unisa dan Tim program yang telah bersedia memberikan ilmunya kepada anak siswa TK ABA Losari dan para guru. Pengetahuan ini sangatlah penting bagi sekolah sebagai upaya membekali anak-anak dengan pengetahuan kosakata Bahasa Inggris dasar di era modern dan digital ini.

Bentuk dari pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan yang diikuti sejumlah 35 peserta yang terdiri dari siswa siswi dan guru TK ABA Losari. Turut hadir tim program pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Farida Noor Rohmah, M.Pd. dengan anggota Setya Putri Rahayu, S.S., M.A. dan Miftahush Shalihah, S.S., M.Hum. dibantu tiga mahasiswa Prodi Teknologi Laboratorium Medis.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan perkenalan pemateri dengan anak-anak peserta program. Selajutnya, pemateri, memberikan materi-materi kosakata dasar Bahasa Inggris yang disampaikan dengan metode gerak dan lagu dengan menggunakan lagu “Kepala Pundak Lutut Kaki” dan versi Bahasa Inggrisnya yaitu “Head Shoulder Knees and Toes”.

Menurut beberapa penelitian, metode ini cocok digunakan untuk penyampaian materi untuk anak usia dini karena lagu dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa karena mudah diingat dan memiliki nada yang ceria terlebih ditambah dengan gerakan tarian yang sesuai dengan karakter anak usia dini yang aktif. Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab yang dikemas dalam bentuk games berhadiah bagi anak yang bisa menjawab pertanyaan dan mempraktikkan lagu dan gerakan dengan benar dan semangat.

Peserta mengapresiasi dengan baik program pengabdian yang dijalankan ini. Dari evaluasi program, didapatkan bahwa pengetahuan peserta program meningkat tentang kosakata dasar Bahasa Inggris terutama tentang Parts of Body. Namun demikian, tujuan program ini tidak akan tercapai berkelanjutan jika tidak ada dukungan dari lingkungan paling dekat dengan anak-anak yaitu orang tua dan keluarga.