Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Cegah Pernikahan Dini Lewat Edukasi ke Remaja

Cegah Pernikahan Dini Lewat Edukasi ke Remaja

Dalam rangka pencegahan pernikahan dini di kalangan remaja di Kalimantan Selatan, mahasiswa Program Studi Magister Kebidaan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta melakukan edukasi langsung kepada remaja, kegiatan ini juga dalam rangka menempuh praktik pemberdayaan dalam kebidanan.

Seperti yang dilakukan Eka Damayanti mahasiswa Magister Kebidanan UNISA Yogyakarta yang melakukan edukasi kepada remaja dengan tema Pemberdayaan Remaja Melalui inovasi Kotesa (Konselor Teman Sebaya) dalam upaya preventif dengan pendekatan Health Belief Model, kegiatan digelar di Panti Asuhan `Aisyiyah Banjarmasin yang diadakan pada Senin (10/06).

Eka menjelaskan, edukasi kepada remaja sangat penting untuk memberikan pengetahuan tentang dampak pernikahan dini bagi remaja terutama perempuan.

“Kami ingin meningkatkan pengetahuan dan kesadaran bagi remaja tentang bahaya pernikahan dini, tentunya kegiatan ini diharapkan bisa menekan angka pernikahan dini di Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini, Dr. Dhesi Ari Astuti, M.Kes sebagai pembimbing Akademik dan Prof. Dr. Mufdlilah, SIT., M.Sc sebagai penanggung jawab praktek pemberdayaan Universitas ‘Asyiyah Yogyakarta Diakuinya, kebanyakan remaja yang melakukan pernikahan dini karena minimnya pengetahuan yang mereka dapat tentang bahayanya.

Sementara itu, Dra. Hj. Ida Rahmatiah, MM Ketua `Aisyiyah Cabang Banjarmasin wilayah 8 mengaku, sangat apresiasi dengan kegiatan edukasi ini.

“Saya berharap lewat edukasi yang rutin dilakukan, maka para remaja bisa mendapat pengetahuan dan ini akan bisa mencegahnya,” tutur Ida.