Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Kajian LPP AIK UMJ: Ingatkan Balasan Bagi Orang Ingkar Janji

Kajian LPP AIK UMJ: Ingatkan Balasan Bagi Orang Ingkar Janji

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPP-AIK UMJ) mengadakan kajian rutin untuk civitas academica UMJ. Kajian kali ini membahas isi kandungan surah Al-Hasyr ayat 1-10, di Masjid At-Taqwa, Jumat (14/6/2024).

Baca juga :Dua Dimensi Pengabdian Kepada Allah Dalam Ibadah Kurban

Pengkajian yang dipimpin oleh Ketua LPP-AIK UMJ Drs. Fakhrurazi, MA, menjelaskan bahwa surah ini mengajarkan manusia untuk mengingat balasan Allah Swt bagi orang yang mengingkari janji. 

Fakhrurazi membuka dengan menjelaskan asbabunnuzul atau sebab-sebab turunnya surat Al-Hasyr memiliki arti pengusiran. Hal itu akibat adanya pengingkaran janji yang dilakukan oleh suku Quraisy terhadap Rasullulah Saw. sehingga terjadi pengusiran.

Nabi Muhammad Saw. berjanji melindungi semua kaum ketika hijrah dari Mekkah ke Madinah. Begitupun orang-orang yang telah berjanji saling melindungi dan tidak menyerang. “Namun, mereka ingkar janji dan berkerja sama ingin membunuh nabi, maka itulah (pengusiran) ganjaran yang didapat,” ungkap Fakhrurazi.

Melalui peristiwa ini, Ia menjelaskan bahwa Allah marah terhadap orang yang melanggar janji. Ganjaran bagi mereka yang melanggar tidak hanya di dunia, tetapi sekaligus di akhirat. Oleh karena itu, ia mengajak civitas academica UMJ agar senantiasa menepati janji dan berkomitmen terhadap segala hal yang telah disepakati.

“Ini berlaku untuk kita yang sudah bekerja dan berjanji membangun UMJ Unggul. Mari kita tepati itu, agar tidak mendapat ganjaran yang buruk,” pungkasnya.

Kajian Rutin berlangsung setiap Jumat pagi dengan agenda tadarus dan mengkaji surah dalam Al-Qur’an. Program ini dilakukan dalam rangka pembinaan civitas academica UMJ dalam bidang keagamaan sekaligus sebagai implementasi darma keempat dari PTMA yaitu AIK.

Editor: Dinar Meidiana