Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Perdalam Ilmu Hipertensi, Prodi TLM UNISA Yogyakarta Gelar Kuliah Pakar

Perdalam Ilmu Hipertensi, Prodi TLM UNISA Yogyakarta Gelar Kuliah Pakar

Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menggelar kuliah pakar keilmuan di Bidang Ilmu Patofisiologi dengan Tema “Mewaspadai Hipertensi sebagai Silent Killer”. Narasumber Kuliah pakar ini adalah dr. Nur Arfian., Ph.D (Dosen dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada). Acara ini dilaksanakan secara offline di Kampus UNISA Yogyakarta pada Sabtu, 8 Juni 2024 dan diikuti oleh mahasiswa TLM angkatan 2023.

Dalam sambutannya, Novita Eka Putri, S.Si., M. Biomed selaku koordinator penanggung jawab mata kuliah Patofisiologi, memberikan apresiasi atas kehadiran narasumber dan juga menyampaikan pentingnya mengetahui dasar-dasar ilmu tentang Hipertensi kepada mahasiswa Program Studi TLM.

dr. Nur Arfian, Ph.D mengulas secara komprehensif mengenai tema Hipertensi meliputi :patofisiologi penyakit hipertensi, faktor resiko penyakit hipertensi, bahaya dan komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit hipertensi serta upaya pencegahan dan pengendalian yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit hipertensi.

Kuliah Pakar ini menjadi bukti nyata komitmen prodi TLM UNISA Yogyakarta dalam memajukan ilmu kesehatan dan memberikan pemahaman mendalam kepada para mahasiswa terutama yang berkaitan dengan patofisiologi hipertensi.

Antusiasme peserta terlihat dari jumlah peserta yang tergabung dalam kuliah pakar. Total peserta yang mengikuti kuliah pakar sejumlah 146 peserta. Mahasiswa cukup tertarik dengan kuliah yang disampaikan, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber. dr. Nur Arfian, Ph.D, dengan penuh dedikasi menjawab semua pertanyaan dalam bahasa yang mudah dipahami, dan memastikan pemahaman yang optimal bagi para peserta.

Kuliah Pakar Patofisiologi 2024 di UNISA Yogyakarta tidak hanya menjadi ajang pembelajaran tetapi juga sebagai wadah untuk menginspirasi dan memotivasi mahasiswa yang hadir dalam mengembangkan keilmuan di bidang Patofisiologi. Menghadirkan narasumber dari luar kampus juga memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dalam menerima informasi.  Harapannya, acara seperti ini terus diadakan guna menghasilkan generasi teknologi laboratorium medis yang unggul dan berdaya saing.