Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Cetak Qori, Qoriah Handal, UPTQ Gelar Seleksi Tilawatil Qur’an Mahasiswa. Ini Para Juaranya

Cetak Qori, Qoriah Handal, UPTQ Gelar Seleksi Tilawatil Qur’an Mahasiswa. Ini Para Juaranya

UINSGD.AC.ID (Humas) — Sebanyak 30 peserta mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an Mahasiswa (STQM) yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an (UPTQ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Masjid Ikomah, Sabtu (22/6/2024).

STQM dibuka oleh Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan, Muhammad Helmi Kahfi, S.Sos., M MPd. M.H. menjelaskan ini dalam rangka mencetak qori, qoriah handal. “Targetnya agar mendapatkan kader qori qoriah terbaik di lingkungan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang mana nanti akan didelegasikan diberbagai event UPTQ maupun lingkungan kampus,” tegasnya.

Ketua Umum UPTQ, Adrian Maulana menyampaikan pelaksanaan STQM pada tahun 2024 ini merupakan progran kerja dari UKM UPTQ itu sendiri, “ini merupakan awal pelaksanaan kegiatan setelah dilantiknya pengurus UKM UPTQ 2024,” jelasnya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini “mejaring peserta yang ahli atau lebih bagus dalam bacaannya dll. Yang nantinya akan menjadi utusan-utusan ketika ada lomba-lomba tingkat UM-PTKIN dan di luar yang berskala nasional, bahkan internasional,” tuturnya.

Harapannya agar bisa melahirkan pembaca-pembaca Al-Quran yang hebat dari kampus tercinta “mahasiswa, mahasiswi yang hebat nanti bisa berkiprah di masyarakat luas setelah menjadi alumni dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” paparnya.

Dalam satu periode, UPTQ memiliki berbagai macam program kerja, salah satunya adalah STQM (Seleksi Tilawatil Qur’an Mahasiswa). Dilaksanakanya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sarana bagi seluruh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam berlomba menjadi yang terbaik, khususnya dalam bidang ke-Al-Qur’anan serta untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam bidang ke-Al-Qur’anan.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan STQM ini berjumlah 30 Orang, yang terdiri dari 8 peserta perempuan dan 22 peserta laki-laki, yang berasal dari berbagai jurusan yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Berikut ini nama-nama pemenang perlombaan, untuk Juara kategori laki-laki: 1. Saif Mujahidin Muhammad – Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. 2. Itmamul Amal Muhammad Hadian – Ilmu Komunikasi Jurnalistik. 3. Elendi Maulana – Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Sedangkan Juara kategori perempuan: 1. Najla Tanjiyah – Manajemen Keuangan Syariah. 2. Najla Nurvia Shofa – Bimbingan dan Konseling Islam. 3. Delisha Fitriany – Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.