Jumat, 05 Juli 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Penyelarasan Kurikulum dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Semarang

Workshop Penyelarasan Kurikulum dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Semarang

Bertempat di Gedung Technopark Smk Negeri 1 Semarang jalan dr. Cipto No.93 Semarang (12/06) dilaksanakan Workshop Penyelarasan Kurikulum. Dengan Tema Membangun kemistri “Kerjasama SMK dengan Industri” Sebagai Upaya Penanganan Keterserapan Lulusan Smk Negeri 01 Semarang. Dihadiri secara langsung oleh Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Bapak Ainur Rojik, S.Pd M.Eng dan juga Pengawas&Pembina Smk Dra. Sri Maryati, M.T.

Workshop ini mengundang 9 pihak industri yang mewakili 9 konsentrasi keahlian yang ada di Smk Negeri 1 Semarang. Ke 9 industri tersebut yaitu :

Teknik Elektronika :

– PT. Gobel Darma Nusantara (Panasonic)

– CV Ariesta Engineering

Teknik Listrik :

– PT Gemapadekabe

– CV Wiratama Mahesa

Teknik Mesin :

  • Metrology Pty., Ltd

Teknik Otomotif :

– PT Kartika Bumi Wahana

– PT Nasmoco Kaligawe

Broadcasting dan Perfilman :

– Radio Gajahmada

– CV Wahana Karya Sinema

Menurut Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah bahwa peserta didik harus mendapatkan ilmu sebagai bekal dimasa mendatang karena mereka adalah aset bangsa dan negara. Ainur Rojik pun berpesan kepada bapak ibu guru Smk Negeri 1 semarang bahwa Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai jamannya. Hal tersebut untuk membangun karakter sebagai pondasi peserta didik. Dalam acara workshop penyelarasan kurikulum juga dihadiri oleh perwakilan Alumni yaitu Budi Winarno masinis KA Brantas dan Kasubag Radio Dais&Majt TV Fadjar Tri Utami, S.Kom

Kedisiplinan menjadi harga mati kemampuan yang harus dimiliki seseorang, kata Budi yang merupakan Alumni Elektronika lulusan tahun 2007. Dalam laporan ketua penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Smk Negeri 1 Semarang Ibu Dra. Ummi Rosydiana, M.Par bahwa selalu berupaya mensinkronkan kurilum yang diajarkan dengan kebutuhan industri agar keterserapan lulusan dapat semakin lebih baik.