Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN KOTA CIMAHI BERSIAP MENUJU MADRASAH ADIWIYATA

Jum’at (14/1/2022). Lingkungan madrasah merupakan lingkungan belajar yang harus dikelola dengan baik, sehingga diharapkan seluruh warga madrasah merasa nyaman dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang pada akhirnya akan berimplikasi kepada peningkatan kualitas kerja maupun kualitas belajar peserta didik.

Untuk hal itu, MTsN Kota Cimahi terus melakukan pembenahan terutama dalam pengelolaan lingkungan belajar dengan melibatkan para pihak termasuk kerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi pada Jumat, 14 Januari 2022. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Pertamanan dan Dekorasi, Mira Nurmelita Gantini, SP.MP. Kerjasama ini dijalin dalam rangka menindak lanjuti hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan pada Jum’at, 7 Januari 2022 yang lalu yaitu Grand Launching penanaman 1.000 pohon yang sudah digelar dengan sukses.

Menurut Kepala MTsN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M. Pd disela sela pemantauan pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan kerjasama ini dilaksanaan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh orang tua siswa yang telah menitipkan 1000 tanamannya di MTsN Kota Cimahi agar dipelihara dengan baik untuk kenyamanan para siswa dalam belajar. “Harapan orang tua siswa tersebut merupakan bagian dari amanat yang harus dilaksanakan dan sewajarnya kita sebagai warga madrasah menjalankan amanat tersebut dengan baik untuk kepentingan bersama yaitu menjadikan MTsN Kota Cimahi yang asri, hijau dan rindang. harapan kami kegiatan kerjasama daengan DPKP seperti ini bisa berlanjut  pada masa-masa yang akan datang” Ungkapnya lebih lanjut.

Sejalan dengan hal itu,  menurut Kepala seksi Pertamanan dan Dekorasi DPKP Kota Cimahi yang hadir langsung di lokasi , Mira Nurmelita Gantini, SP.MP, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh  lahirnya taman edukasi yang pertama di kunjungi pasca pandem covid-19. “Kami berharap kegiatan pembuatan taman edukasi seperti ini  bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain dan bisa berkelanjutan menjadi sarana belajar selain untuk menanam juga memelihara dan mengolah.” demikian tuturnya.

Berdasarkan pemantauan di lapangan kegiatan tersebut berjalan dengan sangat baik. Kegiatan yang melibatkan 30  siswa dari perwakilan ektrakurikuler dan 17 Guru dan Tenaga Kependidikan yang  merupakan perwakilan dari tiap-tiap MGMP MTsN Kota Cimahi,  telihat sangat antusias dan penuh semangat dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon bersama DPKP Kota Cimahi.

Salah seorang Guru di MTsN Kota Cimahi, Komalawati, S.Pd menuturkan ” kegiatan seperti ini jangan hanya sekedar seremonial belaka, tapi bisa terus berlanjut, karena pohon itu akan menjadi paru-paru di madrasah kita, agar anak-anak bisa tetap sehat dengan banyaknya oksigen di madrasah kita.” Demikian harapannya.

Kegiatan yang merupakan bagian dari tindak lanjut dari pelaksanaan MoU antara MTsN Kota Cimahi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) beberapa pekan lalu ini, perlu terus didorong agar bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga madrasah. Semoga kegiatan yang sudah dilaksankan ini menjadi penanda yang baik untuk MTsN Kota Cimahi menuju Madrasah Adiwiyata tingkat Nasional. (Humas)