Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

KEGIATAN PSIKOTEST PROGRAM KERJA DI JEPANG SMKN 1 TASIKMALAYA TAHUN 2022

KEGIATAN PSIKOTEST PROGRAM KERJA DI JEPANG SMKN 1 TASIKMALAYA TAHUN 2022

SMKN 1 Tasikmalaya sebagai sekolah Pusat Keunggulan memiliki program layanan kepada para alumni terutama dalam penyerapan di dunia kerja. Salah satu program yang dilaksanakan adalah program kerja di luar negeri bagi para alumni, yang dalam kesempatan ini bekerja di Jepang.

Berbagai tahapan yang dilakukan oleh pihak sekolah diantaranya melakukan penelusuran minat alumni yang ingin bekerja di luar negeri, khususnya Jepang.

SMKN 1 Tasikmalaya dalam menjalankan program ini bekerja sama dengan salah satu LPK di Tasikmalaya yaitu CV. MULIA MANDIRI ABADI yang berlokasi di Jl. Letjen Mashudi Kec. Cibeureum Tasikmalaya.

Sebagai langkah awal, peserta mengikuti kegiatan psikotest yang diselenggarakan di CV. MULIA MANDIRI ABADI dengan mendatangkan penguji dari UPI Bandung. Dengan kegiatan psikotes ini diharapkan dapat tergambarkan minat dan karakter peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus SMKN 1 Tasikmalaya, pada hari Sabtu 15 Januari 2022. Kegiatan Psikotes tahun ini diikuti oleh Peserta Siswa kelas XII SMKN 1 Tasikmalaya sebanyak 29 orang.

Selanjutnya setelah melewati ujian psikotes ini para peserta akan melakukan MCU awal sebagai bagian dari upaya untuk mendeteksi kesehatan para peserta, sehingga apabila terdapat kendala penyakit, masih bisa dilakukan pengobatan secara bertahap.

Cukup banyak tahapan yang harus dilaksanakan oleh para peserta untuk dapat sampai pada tahap akhir yaitu bekerja di Jepang. Selain dari psikotes, MCU awal, pelatihan Bahasa, tes kompetensi dan lainnya.

Diharapkan para peserta memiliki minat yang kuat dan mental yang baik sehingga mampu melewati berbagai tahapan yang harus dilakukan.