Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Terbaik, UMSU Membanggakan, Banyak yang Lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Terbaik, UMSU Membanggakan, Banyak yang Lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka

UMSU Kampus Terbaik di Medan Sumatera Utara

Ketua Pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM Kemendikbud Ristek, Assoc. Prof. Dr. Andi Ilham Makhmud memberikan apresiasi dengan banyaknya jumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang lolos seleksi dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM.

“Selain banyaknya jumlah mahasiswa, kampus yang dituju untuk mengikuti Program Pertukaran mahasiswa Merdeka juga sangat beragam,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada pelepasan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan dosen Pembelajaran serta Dosen Modul Nusantara yang dilaksanakan secara virtual dari aula Kampus Pascasarjana UMSU di Jalan Denai Medan, Kamis (23/9).

Ada sebanyak 100 mahasiswa UMSU yang lolos dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang akan belajar di 92 perguruan tinggi mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. UMSU juga meloloskan sebanyak 221orang dosen pembelajaran dan 5 dosen lolos Program modul nusantara. Selain, UMSU juga menerima sebanyak 100 mahasiswa dari 32 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“Kedepan diharapkan jumlah dosen dan mahasiswa yang berpartisipasi dalam program bisa jauh lebih banyak,” kata Assoc. Prof. Dr. Andi Ilham Makhmud.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan para mahasiswa agar bisa menjaga nama baik universitas dan daerah masing-masing. Pada dasarnya, para mahasiswa yang ikut dalam Program Pertukaran Mahasiswa Metdeka ada futa kampus yang diharapkan bisa beradaptasi dengan lingkungan dan susana belajar di perguruan tinggi tujuan.

Selanjutnya, bagi mahasiswa yang akan datang dan belajar di UMSU untuk memanfaatkan kesempatan menimba pengalaman dan pengetahuan. “Jangan pulang sebelum mengeksplore semua yang ada di Medan,” katanya.

Para mahasiswa yang ikut program juga diingatkan untuk memanfaatkan kesempatan belajar di kampus lain untuk membangun jaringan. Bisa jadi di antara teman ada yang sukses meniti karir sebagai pejabat publik, kapolri, kapolda dan sebagainya.

Pelepasan mahasiswa dilakukan secara simbolis oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, S.Sos, MSi dengan pemakaian baju almamater kepada dua orang perwakilan mahasiswa.

Partisipasi UMSU dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakam komitmen menyukseskan Program Pemerintah. Alhamdulillah telah seluruh Program MBKM yang diikuti.

Sebelumnya Dr. Hasrudy Tanjung, MSi, PIC Pertukaran Mahasiswa Merdeka mengatakan, lolosnya mahasiswa UMSU dalam program pertukaran menjadi kebanggaam tersendiri.