Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

2 Mahasiswa UMSU Sukses Juara 1 Pilmapres Se-Sumut

2 Mahasiswa UMSU Sukses Juara 1 Pilmapres Se-Sumut

Sebanyak 2 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih juara satu pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024 tingkat wilayah Sumatera Utara. Pilmapres dibuka langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah I Prof. Dr. Syaiful Anwar Matondang di Aula Kampus UMN Alwashliyah Jalan Gedung Arca, Medan, Senin (6/5).

Kedua mahasiswa UMSU tersebut Yudi Febrianto dari D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis kategori Pilmapres Diploma dan Nesya Alya Fazaya dari Fakultas Kedokteran kategori Pilmapres Sarjana. Keberhasilan kedua mahasiswa ini menjadi bagian dari prestasi UMSU, sebagai kampus yang delapan tahun berturut-turut sukses meraih juara pertama dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Sumatera Utara yang diadakan oleh Kemdikbudristek RI.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyambut gembira capaian fantastis ini. Ia bangga kedua mahasiswa UMSU berhasil mempertahankan tradisi juara pertama Pilmapres di Sumatera Utara.

“Alhamdulillah, ini sangat membanggakan, Yudi dan Nesya bisa meraih juara pertama di dua kategori sekaligus. Capaian harus diapresiasi,” Ujarnya.

Menurut Prof. Agussani, keberhasilan UMSU harus menjadi semangat untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi mahasiswa di masa mendatang. Sehingga, pembinaan yang konsisten dan berkelanjutan perlu dipertahankan.

Kemenangan mereka diumumkan, setelah mengalahkan puluhan mahasiswa berprestasi lainnya dengan penilaian yang ketat oleh tim juri. Aspek penilaian mencakup Prestasi Unggulan, Kemampuan Bahasa Inggris serta Gagasan Kreatif.

Berdasarkan hasil penilaian, Nesya Alya Fayyaza dari Fakultas Kedokteran UMSU pada kategori Sarjana berhasil unggul dari mahasiswa UNIMED, USU dan UNPAD. Sementara, Yudi Febrianto Samosir dari D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU berhasil menempati posisi pertama dari mahasiswa Politeknik Negeri Medan, Stikes Mitra Husada Hingga USU.