Senin, 29 April 2024
Pondok Pesantren

Seminar Kebersihan, National Waste Awarness Day

Seminar Kebersihan, National Waste Awarness Day

Selasa, (22/02/2022) bertempat di basement masjid Jami’ Ummul Quro Al-Islami seluruh santri/wati dikumpulkan untuk menghadiri acara seminar ‘Peduli Sampah’ dalam rangka memeriahkan National Waste Awareness Day yang jatuh di hari kemarin.

Dibuka oleh sambutan dari Ustadz Dendy Azim selaku pembimbing bagian kebersihan putra, “Semoga dengan diselenggarakannya acara seminar ini dapat menumbuhkan kepedulian seluruh santri, baik putra maupun putri terhadap kepedulian mereka terhadap lingkungan. Terutama perihal sampah,” kata beliau.

Kang Asep, yaitu founder dari Atap sekaligus salah satu alumni dari Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami melakukan presentasi pengertian terhadap pemanfaatan sampah. Dia juga memberikan contoh sampah yang telah dikelola menjadi cairan kebersihan yaitu  ‘Echo Enzim’.

Selain memberikan contoh, ia juga bersama temannya dari organisasi ‘Balad Runtah’ yang memiliki fokus dalam pengelolaan sampah. Mengajarkan para santri bagaimana membuat cairan ‘Echo Enzim’ yang terbuat dari sampah organik itu.

Lalu acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi pengumpul sampah terbanyak dalam acara ‘Bersih-bersih kali cigatet’ kemarin antara putra dan putri, yang dimenangkan oleh putri.