Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim LPPM UNIMED Beri Penyuluhan Peningkatan Imunitas Tubuh Anak di Masa Pandemi Covid-19

Tim LPPM UNIMED Beri Penyuluhan Peningkatan Imunitas Tubuh Anak di Masa Pandemi Covid-19

Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Universitas Negeri Medan melaksanakan sosialisasi upaya meningkatkan Imunitas Anak dalam menghadapi pandemi Covid-19.  Tim  PKM Mandiri yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakayat (LPPM) Unimed terdiri dari Widia Ningsih, S.Pd., MPd , Lastama Sinaga, S.Pd., M.Ed, Halim Simatupang, S.Pd., M.Pd  dan  Ayu Putri Ningsih, S.Si., M.Si. Kegiatan sosialisasi/penyuluhan ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dari bulan Juni hingga November 2021 tepatnya di Posyandu Mekar sari yang terletak Jl. Banteng Ujung 2 No.33 Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.

Tujuan Inti dari Kegiatan ini kepada Mitra ialah memberi penyuluhan untuk menambah wawasan kepada masyarakat khususnya Ibu-Ibu balita dan kader posyandu dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh anak dalam menghadapi pandemi Covid 19.

Posyandu Mekar Sari merupakan wadah pelayanan kesehatan bagi Lingkungan masyarakat di Kelurahan Mekar Sari Khususnya bagi Ibu dan Anak. Hal yang mendasari dilaksanakan penyuluhan ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat mengenai dampak dan pencegahan virus Covid-19, kurangnya pemahaman orangtua mengenai pentingnya meningkatkan imunitas tubuh anak untuk mencegah Covid-19, dan Kesadaran masyarakat yang masih  rendah untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dari Masalah yang dihadapi maka Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat memberikan beberapa solusi kepada masyarakat dari masalah yang dihadapi yaitu Melalui penyuluhan tersebut dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat upaya pencegahan Covid-19, Memberikan pemahaman kepada masyarakat (Khususnya kepada Ibu-Ibu Balita) bagaimana meningkatkan imunitas tubuh anak dalam menghadapi pandemi Covid-19 hingga saat ini belum dapat diatasi dengan obat ataupun dengan pemberian vaksin, dan melaksanakan penyuluhan mengenai pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat.

Widia Ningsih, M.Pd. mengatakan ada beberapa Langkah Peningkatkan Imunitas Anak dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu Jangan biarkan anak murung, Ajak anak tetap aktif/berolahraga, Konsumsi makanan bergizi seimbang, Pastikan anak makan makanan kaya vitamin dan mineral, Ajak anak berjemur pada pukul 09.00 di pagi hari dan Pastikan anak cukup tidur. (Humas Unimed/zr)