Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTSN GELAR PERINGATAN ISRA MIRAJ TAHUN 1443 HIJRIYAH

Drs. KH. Enjang Nasrullah nempak memberikan taushiyah Isra Mi’raj Tahun 1443 H di Masjid Baiturahman MTsN Kota Cimahi

Isra Miraj merupakan peristiwa sejarah yang melekat dengan kerisalahan Rasulullah SAW sebagai Nabi akhir zaman yang terjadi sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa agung yang hanya bisa dipafami dengan kekuatan iman.

Mengingat begitu agungnya peristiwa tersebut, MTsN Kota Cimahi sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menanamkan keyakinan terhadap seluruh peristiwa sejarah yang didasarkan kepada  dalil qothi yaitu Al-Quran dan Hadits  dengan menggalar peringatan Isra Miraj Nabi SAW pada Jumat, 16 Sya’ban 1443 Hijriyah bertepatan dengan 18 Maret 2022 yang diikuti oleh seluruh Guru dan tenaga Kependidikan bertempat di masjid Jami Baiturohman MTsN Kota Cimahi.

Dalam kegiatan tersebut nampak hadir mendampingi Kepala MTsN Kota Cimahi para wakil kepala Madrasah, dengan pencermah tunggal Drs. KH Enjang Nasrulah yang merupakan Ketua PC NU Kota Cimahi dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Musyahadah Kota Cimahi.

Kepala MTsN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M. Pd dalam sambutannya menuturkan “Peringatan Isra M’iraj  bagi kita umat Islam menjadi peristiwa penting yang harus terus diperingati selain  untuk mengenang kembali sejarah perjuangan Rasulullah,  juga bisa dijadikan moment untuk menemukan hikmah dari perjalanan Isra Miraj Nabi SAW. Demikian tuturnya.

Sementara itu, Drs. KH. Enjang Nasrulla dalam cuplikan taushiyahnya mengungkapkan bahwa Isra Mi’raj merupakan sebuah peristiwa agung yang hanya bisa difahami oleh kekuatan iman, karena akal manusia memiliki keterbatas untuk menemukan makna dibalik peristiwa Isra Miraj tersebut.

“Isra M’iraj merupakan sebuah garis horizonal dan garis vertikal yang menggambarkan kesalehan seseorang yang senantiasa menjalin hubungan baik dengan Sang Pencita namun tidak melupakan  hubungan dengan sesama manusia, sehigga mausia dalam menjalani kehidupan senantiasa terjadi keseimbangan dunia dan akhirat” Demikian ungkap pimpinan pondok pesantren Al-Musyahadah tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan peringatan Isra Mi’raj tersebut, sebelumnya dilakukan pengukuhan dan penyerahan SK Pengurus DKM Baiturohaman untuk masa khidamat 2022-2027 yang dinahkodai Ustad Agus Gunaan, S.Pd.

Peringatan Isra dan Miraj merupakan momentum untuk mengingatkan kembali betapa bangunan Islam akan tetap kokoh berdiri  dengan ditegakkan sholat lima waktu sebagai pesan penting dari peristiwa isra Mi’raj Rasululloh SAW. (wh)

TIM KEHUMASAN MTSN KOTA CIMAHI