Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

JAKSA MASUK SEKOLAH “KENALI HUKUM JAUHKAN HUKUMAN”

Rabu, 11 Mei 2022 Pukul 10.00 WIT di Aula SMAN 8 Kepulauan Tanimbar dilangsungkan  sosialisasi hukum terhadap Peserta didik, Guru, dan Pegawai TU oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan tema Kenali Hukum Jauhkan Hukuman. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 Jam tersebut dimoderatori oleh Ibu H.Pattian,S.Pd.,M.Si Kepala SMAN 8 Saumlaki. Ibu Pattian berterima kasih kepada Institusi dalam hal ini Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar bersama staf karena telah meluangkan waktu untuk hadir di sekolah memberikan sosialisasi terkait hukum dan konsekuensinya jika kita berhadapan dengan hukum itu sendiri kita tahu bahwa hukum sebagai panglima tertinggi.

 

Bapak Gunawan Sumarsono,SH.,MH sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar memulai pembicaraan mengatakan bahwa ilmu hukum jika dibahas atau dibicarakan maka tidak akan selesai artinya bidang kajian dari ilmu hukum  itu sendiri sangat luas oleh sebab itu kegiatan sosialisasi saat ini terfokus pada Kenali Hukum Jauhkan Hukuman. Tentu saja, anda telah mendengar banyak berita dengan membaca buku, majalah koran atau bahkan melihat di TV misalnya Program Indonesia Lawyers Club (ILC) membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan perspektif hukum serta aturan hukum yang berlaku.

 

Menurut Kajari minat orang Maluku khususnya masyarakat Tanimbar untuk masuk pada bidang hukum dalam hal ini Lembaga Kejaksaan sangat kurang karena orang Maluku atau orang Tanimbar pada umumnya tidak mau keluar dari zona aman, lebih jauh beliau ingin katakan bahwa belum mau untuk berkembang maju di tingkat nasional untuk berkompetisi. Mereka ingin berkompetisi di daerahnya sendiri. Hal ini menyebabkan sehingga tidak terlalu dikenal secara nasional. Pada hal orang Maluku khususnya orang Tanimbar itu orangnya hebat-hebat.

 

Dalam paparannya lebih lanjut, Kajari Kepulauan Tanimbar mengatakan bahwa sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 ilmu hukum berpengaruh signifikan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia karena ilmu hukum memiliki peranan yang sangat luas dalam mengurus segala hal yang berhubungan langsung dengan kehidupan manusia sejak manusia itu ada di dalam kandungan, lahir, besar dan meninggal jika dibandingkan dengan disiplin ilmu lain yang peranannya hanya terbatas pada komponen bidang ilmunya saja ujar Pak Sumarno.

 

Selanjutnya, dihadapan 50 peserta didik yang hadir saat itu beliau mengatakan bahwa dalam kehidupan nyata terlihat banyak pelajar yang cerdas/pintar lebih memilih untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan, dan bidang-bidang lain jika dibandingkan dengan Fakultas Hukum. Menurut beliau pelajar yang masuk pada Fakultas Hukum kadang dianggap biasa-biasa saja artinya kurang cerdas pada hal tanpa disadari bidang hukum adalah bidang Ilmu yang memiliki peranan sangat penting dalam mengurusi orang sejak ada dalam kandungan, lahir,  besar dan bahkan sampai meninggal jika kita bandingkan dengan bidang ilmu lain misalnya bidang kedokteran. Bidang Kedokteran hanya mengurusi orang atau pasien dalam kondisi sakit persoalan ini sedikit lebih berbeda dengan bidang ilmu hukum. Hukum itu sangat luas ujar Bapak Kajari Kepulauan Tanimbar.

 

Bukan hanya orang yang jahat bisa kenal hukum dengan masalah-masalah dalam kehidupannya tetapi orang yang baik bisa saja mendapat hukuman, oleh sebab itu sebagai warga masyarakat Indonesia kita harus tunduk dan patuh terhadap hukum sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia karena hukum itu adalah panglima dari semua kekuasaan. Kajari secara tegas mengatakan kepada peserta didik bahwa bidang hukum adalah profesi yang sangat menjanjikan bagi masa depan generasi muda, memang kalau mengikuti informasi di media sosial dinyatakan bahwa peluang kerja yang paling besar adalah bidang hukum jika dibandingkan dengan bidang-bidang lain tergantung bagaimana cara memandang hukum dengan motivasi yang baik.

 

Redaksi menyimpulkan bahwa dengan adanya program Jaksa Masuk sekolah dapat memberikan informasi penting berupa ilmu hukum bagi peserta didik, diantaranya; 1) memberikan pemahaman terkait dengan aturan-aturan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi peserta didik agar dapat menaati dan menjalankan aturan yang berlaku dengan baik, 2) menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pegawai atau seorang Jaksa pada Institusi Kejaksaan harus mengikuti tes seleksi secara nasional dan direkrut dari berbagai disiplin ilmu kecuali untuk menjadi seorang Jaksa minimal harus melalui jenjang Pendidikan Sarjana Hukum ungkapnya.

redhumassman8kkt