Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Perkembangan Literasi Digital

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Perkembangan Literasi Digital

Instagram

@carolstevnie

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Perkembangan Literasi Digital

"Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021."
#EFLiteracy #MariBerliterasi
Sebagai manusia yang hidup di abad ke-21, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini. Sebagai pengguna teknologi yang cerdas, tentu harus menghindari konten–konten negatif, seperti hoaks, disinformasi, konten pornografi, atau perjudian. Oleh karena itu, dibutuhkan literasi dalam dunia digital atau biasa kita sebut dengan literasi digital.

Apa itu Literasi Digital?

Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet, dan lain sebagainya. Menanamkan literasi digital sejak dini sangat penting karena dapat membuat kita berpikir lebih kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan setiap masalah.

Literasi digital sering dijumpai di lingkungan sekitar, seperti mencari materi pembelajaran di internet, berkomunikasi dengan guru atau teman dengan menggunakan media sosial, mengirim tugas, melihat tutorial, dan lain sebagainya. Tahukah kamu bahwa terdapat beberapa faktor yang berperan penting dalam kemajuan literasi? Salah satunya adalah kombinasi internet dan bahasa Inggris.

Kemajuan teknologi merombak ruang fisik menjadi ruang digital. Kehadiran internet di dunia pendidikan semakin memberi pengaruh yang besar sehingga kemampuan bahasa Inggris menjadi sesuatu yang sangat penting. Berdasarkan EF English Proficiency Index edisi tahun 2020, Indonesia berada di peringkat 74 dari 100 negara yang mengindikasikan bahwa kecakapan bahasa Inggris di Indonesia masih tergolong rendah, padahal tak sedikit informasi di internet yang disajikan dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya 60,4% dari 10 juta situs di internet yang menggunakan bahasa inggris sehingga menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa terbanyak yang digunakan di internet per Januari 2021.

Road map UNESCO (2015–2021) menyebutkan bahwa literasi digital menjadi pilar untuk masa depan pendidikan. Secara nasional, indeks literasi digital Indonesia masih berada pada level sedang. Jika kamu masih belum terlalu bisa berbahasa Inggris, ada beberapa tips yang dapat kamu praktikkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu.

Sumber : www.canva.com

Menonton video atau film dalam bahasa Inggris

Menonton video atau film dalam bahasa Inggris sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris karena biasanya dialognya menggunakan bahasa sehari–hari. Saat menonton, gunakanlah takarir bahasa Inggris atau jika memungkinkan, non-aktifkan takarir agar kemampuan mendengarmu semakin terasah.

MenGGANTI PREFERENSI BAHASA DI GAWAI MENJADI bahasa Inggris

Dengan mengganti preferensi bahasa di gawai (HP, laptop, dan sebagainya) menjadi bahasa Inggris, kamu akan semakin terbiasa karena sering membaca kosakata dalam bahasa Inggris.

Berteman dengan Orang yang Kemampuan Bahasa Inggrisnya Bagus

Dengan memiliki teman yang kemampuan bahasa Inggrisnya bagus, kamu dapat dengan mudah melatih kemampuan bahasa Inggris dengan berkomunikasi bersama mereka. Kemampuan kamu akan semakin terasah karena banyak kosakata baru dan jjuga semakin terbiasa. Mereka juga bisa memberikan pembenaran jika sewaktu–waktu kamu membuat kesalahan dalam penggunaan bahasa Inggris, baik itu dari segi tata bahasa maupun pengucapan. Ada segudang manfaat yang dapat kamu rasakan jika bisa berbahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa peran bahasa Inggris guna meningkatkan kemajuan literasi.

Mencegah Terjadinya Kejahatan di Dunia Digital

Sejak dulu, banyak aplikasi maupun situs yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dasarnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, bahasa Inggris dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membantu dalam memahami serta memilah informasi yang benar dan sesuai fakta sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai jenis penipuan yang sifatnya daring. Secara umum, hal tersebut merupakan salah satu contoh untuk menghindari terjadinya kejahatan dunia maya (cyber crime).

Memperoleh Informasi dengan Cepat

Dengan menggunakan teknologi, kamu dapat memperoleh informasi dengan lebih cepat dibandingkan dengan harus mencarinya melalui buku. Sebagai bahasa terlaris, berita terkini dari seluruh dunia lebih sering disampaikan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, dengan memiliki ketrampilan bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan informasi lebih mudah dan berbagi informasi atau berdiskusi dengan orang-orang luar tentang isu yang sedang terjadi.

Memudahkan mencari materi belajar di Internet

Dengan bisa berbahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan banyak materi dari sumber yang berbeda dengan cepat, mudah, dan lebih akurat. Hal ini karena lebih banyak buku maupun video pembelajaran yang sumber aslinya menggunakan bahasa Inggris.

Meningkatkan kemampuan diri

Saat ini, bahasa merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan, khususnya anak muda yang hendak memasuki dunia kerja. Kemampuan berbahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan lain sebagainya sering kali menjadi salah satu persyaratan khusus untuk mendapatkan pekerjaan. Fakta menariknya, kalau kamu sudah terbiasa dengan bahasa Inggris, kamu akan jauh lebih mudah untuk mengerti bahasa asing lainnya. Jika seseorang sudah bisa menguasai bahasa Inggris sejak dini, tentu akan lebih mudah untuknya dalam meningkatkan kemampuan diri, memperluas jaringan, dan meningkatkan kualitas serta nilai jual. Pada akhirnya, orang tersebut akan lebih mudah dilirik oleh perusahaan-perusahaan bergengsi karena nilai tambah yang dimilikinya itu.

Memberi kesempatan untuk ikut kelas DARING dari luar negeri

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik? Sebagai seorang pelajar, mengikuti seminar internasional, perlombaan internasional, pertukaran pelajar, hingga beasiswa ke luar negeri tentu merupakan kesempatan emas yang tidak bisa didapatkan semua orang. Jika kamu sudah fasih berbahasa inggris, kamu akan memiliki kesempatan lebih besar dibandingkan mereka yang tidak lancar menggunakan bahasa Inggris. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak penawaran webinar dan perlombaan, bahkan kelas daring dari luar negeri yang bisa diikuti oleh seluruh pelajar secara global.

Membuka kesempatan menambah wawasan

Wawasan tidak hanya kita dapatkan dari pelajaran, melainkan juga dari hal–hal sederhana yang menarik dan menyenangkan yang sering kita temui dalam rutinitas sehari–hari. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita dapat menambah wawasan dengan mudah dari berbagai sumber, termasuk internet, e-book, film, dan sebagainya. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan wawasan dari menonton film, mendengarkan siniar, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus bisa menghadirkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan menjadi lebih luas.

Dapat Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Kalau kamu sudah bisa berbahasa Inggris, pasti akan mempermudah proses adaptasi jika harus pindah ke kota atau negara lain. Kamu dapat bertanya atau melihat petunjuk di jalan sehingga akan membuat rasa khawatir sedikit berkurang karena bahasa Inggris dapat dimengerti oleh banyak orang. Nah, sekarang kamu sudah tahu kombinasi internet dan bahasa Inggris sangat berperan dalam memajukan literasi saat ini. Dengan banyaknya sumber–sumber di internet yang disajikan dalam bahasa Inggris, minat literasi akan semakin maju karena informasi yang diberikan lengkap, bervariasi, dan menarik sehingga memungkinkan kamu untuk terhindar dari berbagai kejahatan di dunia maya.

Referensi