Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UNDIP Menyapa Mahasiswa Internasional

Rektor UNDIP Menyapa Mahasiswa Internasional

Internasional Office (IO) Universitas Diponegoro mengadakan acara International Students Gathering yang dihadiri langsung oleh Rektor UNDIP, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung Widya Puraya, Rektorat UNDIP Tembalang (Selasa, 07/5).

Sebanyak 53 mahasiswa internasional dari berbagai negara yang berpartisipasi diantaranya berasal dari negara China, Laos, Vietnam, Pakistan, Tajikistan, Kazakhstan, Libya, Yaman, Suriah, Sudan, Moroko, Amerika Serikat, Belanda, Tanzania, Madagaskar, Kenya, Rwanda, Sierra Leone dan Panama.

Pada kesempatan ini menjadi ajang pengenalan Rektor Universitas Diponegoro Periode Tahun 2024 – 2029, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. yang baru saja dilantik akhir April lalu. Selanjutnya mengenalkan juga dengan pejabat struktural baru pada Kantor Urusan Internasional (KUI) yaitu Pulung Widhi Hari Hananto, S.H., M.H., LL.M. yang dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional dan Abdul Rohman, S.Hum selaku Wakil Kepala Kantor Urusan Internasional.

Selain sebagai upaya mewujudkan visi UNDIP menjadi World Class University dimana UNDIP terus berusaha meningkatkan pelayanan terbaik bagi para mahasiswa, termasuk International Students di lingkungan Universitas. Pertemuan ini juga bertujuan sebagai sarana sharing session yang membahas mengenai berbagai persoalan (hambatan dan kendala) yang dihadapi mahasiswa asing selama menempuh studi di UNDIP. Sehingga untuk kedepannya diharapkan memperoleh tanggapan, tindak lanjut bahkan solusi dari pihak terkait.

Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., menyambut hangat kehadiran para mahasiswa internasional sekaligus membuka acara. Rektor UNDIP mengucapkan rasa terimakasihnya atas keikutsertaan mahasiswa yang telah bersedia hadir serta diharapkan untuk tetap antusias selama belajar di Indonesia. “Sekali lagi saya ucapkan selamat datang di UNDIP, terimakasih sudah memilih UNDIP dan bergabung dengan UNDIP yang merupakan salah satu universitas terbesar di Indonesia yang unggul dan excellent,” tutur Prof Suharnomo dengan ramah.

Sampai dengan saat ini total mahasiswa internasional yang aktif menempuh studi di UNDIP berjumlah sekitar 1215 mahasiswa. Untuk selanjutnya sesi diskusi dengan mahasiswa asing dimediasi oleh Pulung Widhi Hari Hananto, S.H., M.H., LL.M. dan Abdul Rohman, S.Hum.

Beberapa keluhan atau hambatan yang dialami mahasiswa asing yakni permasalahan seputar proses pembuatan visa dan izin tinggal; detail perincian aturan beasiswa UNDIP; tentang syarat dan ketentuan wisuda mahasiswa internasional; asrama; peningkatan layanan komunikasi dengan mahasiswa internasional; keterlibatan mahasiswa asing dalam kegiatan kampus termasuk dukungan untuk mahasiswa internasional serta keberlanjutan atau manajemen mahasiswa internasional (kelompok alumni atau kelompok besar untuk mahasiswa internasional). (DHW-Humas)