Minggu, 19 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Kegiatan Belajar di Luar Kelas SMP Kelas 7

Kegiatan Belajar di Luar Kelas SMP Kelas 7

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta tuntutan kualitas pendidikan saat ini, maka perlu pengembangan sistem Belajar di Luar Kelas bagi para siswa. Belajar di Luar Kelas merupakan sistem yang efektif untuk mengembangkan pengetahuan serta minat belajar siswa.

Harapannya agar para siswa menjadi lebih minat dan semangat dalam belajar serta mendapat pengalaman yang berharga melalui kegitan pembelajaran di luar kelas. Pada akhirnya pengetahuan para siswa dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, SMP Vianney sebagai sekolah yang berkualitas mendukung sistem tersebut dengan memberikan pembelajaran di luar kelas.

Pada hari Kamis, 18 April 2024, seluruh siswa kelas 7 dan 8 SMP Vianney yang berjumlah 91 siswa dan didampingi 6 guru, melakukan kegiatan Belajar di Luar Kelas (BLK). Adapun tempat kegiatan BLK yang kita kunjungi adalah PT Amerta Indah Otsuka , yang berlokasi di Jalan Siliwangi KM 28, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi . Perusahaan yang bergerak dalam bidang minuman kesehatan dengan merek Pocari Sweat dan Kebun Raya Bogor.

Kami berangkat dari sekolah pukul 6.45, kemudian tiba di tempat tujuan pertama yaitu PT Amerta Indah Otsuka pukul 8.20. Kami disambut dengan ramah dan diajak foto bersama di depan gedung dengan area yang sangat luas. . Ketika kita memasuki gedung, kita akan menemukan ruangan-ruangan yang sangat bersih, megah dan membuat kita nyaman, begitu juga ketika kita sudah sampai di aula. Aula yang di desain seperti gedung bioskop dan dilengkapi dengan meja, membuat anak-anak pun semakin antusias untuk menerima penjelasan dari Kak Ari dan Kak Shalsa.

Perusahaan Pocari Sweat pertama kali hadir di Indonesia tahun 1999. Perusahaan ini terbentuk dari hasil investasi bersama antara Otsuka Pharmaceutical Jepang dan PT Kapal Api dengan dengan Pocari Sweat sebagi produk pertamanya. Kemudian di tahun 1999, PT Kapal Indah Otsuka mengubah namanya menjadi PT Amerta Indah Otsuka. Pocari Sweat mempunyai slogan Go Sweat Go Ion , aktif bergerak, kapanpun dan di mana pun. Selain memproduksi pocari sweat, perusahaan ini juga memproduksi soyjoy, ion water, dan oronamin C.

Selama mengikuti penjelasan sejarah berdirinya perusahaan dan produk yang dihasilkan, anak-anak juga diajak untuk melihat-lihat ruang produksi pembuatan pocari sweat. Anak-anak sangat semangat mengikutinya, karena setelah mengikuti kegiatan anak akan diminta untuk membuat laporan. Di akhir acara sebelum pulang anak-anak dan bapak, ibu guru pendamping diberikan goody bag yang berisi 2 pocari sweat, 1 soyjoi dan 1 botol oronamin C, dan dari pihak sekolah SMP Vianney, kita memberikan sebuah vandel yang berisi ucapan terima kasih.

Selesai kunjungan dari Pocari Sweat kita meneruskan perjalanan ke Kebun Raya Bogor, yang memerlukan waktu kira-kira 1 jam. Kita tiba pukul 12.00 di sana anak-anak diberikan tugas untuk mengamati berbagai tumbuhan dan mengklasifikasikan berdasarkan ciri-cirinya, yang meliputi spesies, kelas , bentuk tulang daun, batang, bunga, akar dan bagaimana cara berkembangbiaknya.

Setelah selesai mengerjakan tugas anak-anak diberikan waktu bebas dengan menikmati keindahan Kebun Raya Bogor dengan melihat-lihat Taman Bambu, Taman Anggrek Hitam,Taman Nepenthes dan menikmati fasiltas yang diberikan seperti : Sepeda Tandem, Golf Car, Shuttle Bus, E-Scooter dan lain-lain. Anak-anak sangat senang dan gembira menikmati diakhir kegiatan tersebut, tidak terasa waktu menunjukkan pukul 14.30. Pukul 14.45 kita meninggalkan Kebon Raya Bogor , tiba di sekolah SMP Vianney pukul 16.00.