Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Seni Budaya

Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Seni Budaya
image_pdf

Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) sukses menyelenggarakan kemah budaya dalam rangka pengabdian masyarakat membangun desa bidang seni pertunjukan. Kegiatan dilaksanakan di Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang selama 3 hari, mulai tanggal 10-12 Juni 2022 dan diikuti oleh 78 mahasiswa PSTM. Acara yang mengangkat tema “ Revitalisasi Seni Bersama dengan Masyarakat Sumberejo Kecamatan Gedangan Sembari Memasyarakatkan Seni Pertunjukan” ini berjalan dengan lancar dan sangat meriah.

Kegiatan hari pertama diisi dengan perkenalan dan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Balai Desa Sumberejo. Dalam kesempatan itu dari pihak desa yang diwakili oleh Kepala Dusun Krajan, Widarto menyampaikan sambutan hangatnya kepada para tamu dari UM. “Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak karena telah berkenan meluangkan waktunya untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di desa kami. Semoga kegiatan bisa memberikan manfaat kepada semua pihak baik bagi warga desa maupun para mahasiswa. Saya juga mohon maaf jika pelayanan dari kami kurang maksimal,” ujarnya.

“Dengan teknologi yang semakin canggih membuat kita semakin kurang bersosial dan bermasyarakat. Menurunkan sikap simpati terhadap apa-apa yang ada di sekitar kita. Semoga dengan program ini bisa membantu kalian menambah pengalaman dalam bermasyarakat. Pesan saya, belajarlah sampai kamu muak dengan belajar agar kamu tidak menyesal,” lanjut Kepala Dusun Krajan.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina pelaksanaan kemah budaya, Dr. Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si., juga menyampaikan rasa senangnya karena bisa melaksanakan acara ini secara langsung. “Alhamdulillah kita bisa hadir dengan sehat wal afiat dan dengan keadaan yang sangat luar biasa dan bisa melakukan kegiatan perdana ini, yakni bisa terjun langsung ke masyarakat. Karena selama dua tahun para mahasiswa tidak pernah melakukan kegiatan secara langsung di lapangan, sehingga ilmu yang didapatkan di perkuliahan belum terimplementasikan dengan baik di kehidupan nyata. Kemah budaya sudah kami rancang sejak 4 tahun lalu, tapi masih terkendala baik dengan kondisi pandemi dan tumpang tindih dengan dengan KKn. Semoga mereka para mahasiswa yang ikut kegiatan ini mendapat pengalaman dan bisa mengimplementasikan ilmunya dengan baik,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM