Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UM Sambut Kunjungan Kerja Universitas Negeri Medan

UM Sambut Kunjungan Kerja Universitas Negeri Medan
image_pdf

Guna menjalin silaturahmi, Universitas Negeri Medan (Unimed) lakukan kunjungan kerja ke Universitas Negeri Malang (UM) pada Jumat (01/07/2022). Kunjungan ini bertempat di Aula Lantai 1 Graha Rektorat UM dengan dihadiri oleh segenap pejabat Unimed dan UM diantaranya WR III UM, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, WR III UNIMED, Kepala Sub Direktorat, Kepala Seksi, dan juga Dosen FIP. 

Kunjungan kerja ini membahas terkait program bidang kemahasiswa dan alumni dari masing-masing kampus. Di UM sendiri bagi alumni telah yang lulus 6 bulan lalu disediakan 3 penguatan bagi yaitu kerja, kuliah, dan wirausaha. Apabila setelah lulus mereka ingin bekerja, maka selama semester 6-8 perkuliahan mereka diberikan program campus hiring yang diadakan setiap pekan. UM juga mempunyai fasilitas berupa program khusus bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya, yaitu Bursa Akademi dn akan mendatangkan lembaga penyedia beasiswa. Sedangkan bagi alumni yang ingin berwirausaha, UM akan memberikan fasilitas berupa pelatihan berwirausaha. “Harapannya, setelah diberikan fasilitas-fasilitas tersebut, mahasiswa dan alumni bisa sukses kedepannya,” ujar Slamet Hady Prayitno, S.Pd., selaku Kepala Seksi Karir dan Alumni UM.

Selain fasilitas yang diberikan kepada alumni, UM juga memfasilitasi seluruh kegiatan yang mendorong kreativitas mahasiswanya. Contohnya adalah fasilitas bagi mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Mereka akan diberi fasilitas mulai dari sosialisasi program di setiap departemen, bimbingan langsung oleh alumni pemenang PKM di tahun sebelumnya, hingga diberikan apresiasi berupa dana tambahan dari fakultas untuk PKM lolos pendanaan, dan apresiasi konversi SKS. Selain itu, mereka yang berhasil mejuarai PKM juga akan mendapat apresiasi berupa biaya rekognisi. Mereka akan dibebaskan dari skripsi sebagai syarat kelulusan, ini merupakan apresiasi untuk karya tulis mereka. 

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM