Senin, 13 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Penyandang Disabilitas Ikut UTBK-Mandiri 2022 di Unram

Penyandang Disabilitas Ikut UTBK-Mandiri 2022 di Unram

Mataram, Universitas Mataram – Salah satu peserta penyandang disabilitas asal Embung Kandong, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, Syukur Ilham mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Mandiri (UTBK-Mandiri) di Universitas Mataram (Unram), Jum’at (15/7).
UTBK-Mandiri yang berlangsung pada tanggal 7 Juli – 16 Juli 2022 lalu, dilaksanakan di 7 lokasi, yaitu UPT Pustik, UPT Perpustakaan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Dari 7.994 peserta UTBK-Mandiri, Syukur Ilham salah satu peserta penyandang disabilitas mengikuti ujian dengan perlengkapan ujian khusus di gedung UPT Perpustakaan Unram. Ilham sebelumnya juga mengikuti UTBK-SBMPTN di Unram namun belum berhasil. Ia kemudian memutuskan untuk mengikuti UTBK-Mandiri agas bisa meraih mimpinya kuliah di Unram.
“Saya ingin kuliah di Unram di jurusan Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Komunikasi. Harapannya ya semoga bisa lulus dan ke depannya ilmu yang saya dapat nanti bisa bermanfaat,” terang Syukur, siswa alumni MA Al-Anshori Monje.
Ia juga menjelaskan bahwa soal ujian yang ia hadapi cukup sulit karena adanya perbedaan materi pelajaran yang didapatkan di MA dengan sekolah negeri lainnya. Namun sebelum ujian berlangsung ia mengaku telah mempersiapkan diri dengan belajar