Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Kadiknas Mendukung Adiwiyata di SMP Negeri 1 Karangploso

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dr. Suwadji, S.IP., M.Si. tanam pohon sebagai bentuk dukungan kepada SMP Negeri 1 Karangploso yang kian gencar menggalakkan program sekolah adiwiyata. Mengusung tema gerakan penanaman pohon menyayangi bumi, menuai berkah kini dan nanti kegiatan berlangsung di SMP Negeri 1 Karangploso.

Penanaman pohon dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dan diikuti oleh Kepala SMP Negeri 1 Karangploso, Drs. Sugiono, sehingga diharapkan tercipta lingkungan sekolah yang asri sebagai branding sekolah hijau atau green school.

“Bismillahirrahmanirrahiim, Kita tanam untuk anak cucu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kab Malang, Suwadji.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menitikberatkan pada lingkungan dan memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajarnya. Sekolah Adiwiyata ini diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013. Di sana disebutkan bahwa sekolah Adiwiyata bisa berbentuk sekolah tingkat dasar, menengah pertama, atau menengah atas dan sederajat, baik sekolah negeri yang dikelola pemerintah maupun swasta yang telah terakreditasi.

Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi tubuh. Sebagaimana tujuan didirikannya sekolah Adiwiyata adalah mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

“Penanaman pohon ini untuk mendukung sebagai rintisan sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah,” lanjut Sugiono.

Kepala SMP Negeri 1 Karangploso, Sugiono berkomitmen mewujudkan sekolah adiwiyata dengan menciptakan tempat belajar yang lebih baik untuk meningkatkan mutu siswa, guru, wali murid, hingga masyarakat sekitar sekaligus melestarikan lingkungan hidup.

“Dalam membangun sekolah adiwiyata ini kami berupaya ikut membantu melestarikan lingkungan hidup demi keberlangsungan generasi yang akan datang. Dan menjadi warga sekolah yang bertanggung jawab dalam menyelamatkan lingkungan hidup,” terangnya.