Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

JUM’AT IMTAQ: BIRRUL WALIDAIN

JUM’AT IMTAQ: BIRRUL WALIDAIN
smpn1karangploso. sch. id _ Pada setiap Jum’at SMPN 1 Karangploso melaksanakan Jum’at Imtaq dengan pemateri yaitu Bapak Imam Muslim, S. Pd I dan Bapak Krisna Rizky Syifa’ul Hakim, S. Pd. Beliau dawuh ” Taat dan Patuh kepada orang tua dan guru hukumnya Fardhu Ain. “

Al – Qur’an dengan bahasa yang sangat jelas dan tegas telah menulis dan memerintahkan kepada anak manusia untuk berbakti kepada kedua orang tua dan guru.

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا الاية

Yang artinya : DAN SEMBAHLAH ALLAH, JANGANLAH MENYEKUTUKANNYA DENGAN SUATU APAPUN DAN BERBAKTILAH SESEMPURNANYA KEPADA AYAH DAN IBU. (QS ANNISAK AYAT 36)

Kita semua bukan siapa – siapa kalau tanpa kedua orang tua dan guru kita, siapapun diri kita, setinggi apapun jabatan kita, setenar apapun nama kita, tentu dan pasti karena jasa dan pengorbanan kedua orang tua dan guru kita, yang telah melahirkan dan mendidik kita di alam dunia. Oleh karena itu si raja dangdut Bang Haji Rhoma Irama dalam lagunya didalam lagunya berbunyi :

Hai manusia, hormati ibumu
Yang melahirkan dan membesarkanmu
Darah dagingmu dari air susunya
Jiwa ragamu dari kasih sayangnya
Dialah manusia satu-satunya
Yang menyayangimu tanpa ada batasnya.


Sejarah telah mencatat bahwasanya tokoh-tokoh sukses yang lahir ke dunia ini karena jasa dan pengorbanan kedua orang tua dan gurunya.

Imam Syafi’i, Imam Maliki, Imam Hambali, dan Imam Hanafi, adalah contoh – contoh manusia sukses berkat kegigihan kedua orang tua dan gurunya. Maka dari itu berbakti kepada orang tua dan guru adalah suatu kewajiban.

رِضَا اَللَّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَيْنِ.

Yang Artinya : RIDHO ALLAH TERGANTUNG DARI RIDHO KEDUA ORANG TUA, DAN MURKA ALLAH KARENA JUGA MURKANYA KEDUA ORANG TUA.

Dan lagi – lagi si raja dangdut Bang Haji Rhoma Irama di dalam lagunya berbunyi :

Ridla Ilahi karena ridlanya
Murka Ilahi karena murkanya.


Semoga Allah Azza WA Jalla memberi kita semua hidayah, sehingga kita termasuk orang – orang yang berbakti kepada orang tua dan guru. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

(Jum’at 23 Februari 2023)
author: Rafael B. A.
Editor: Achmad Fajar D. K.