Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Masa Pandemi Covid-19

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Masa Pandemi Covid-19

Pada tahun ajaran baru setiap Satuan Pendidikan akan melaksanakan serangkaian kegiatan mulai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sampai kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Ketentuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS diatur dalam Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016.

Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini pembelajaran tatap muka belum diperbolehkan oleh pemerintah. oleh karena itu pemerintah memberikan kewenangan kepada pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara daring. Dengan memanfaatkan internet dan peran teknologi dengan menggunakan platform zoom dan media sosial. MPLS dilaksanakan selama 3 hari diawal tahun ajaran baru yaitu tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2021. Kegiatan ini didukung oleh tim OSIS SMAN 10 Purworejo dan Waka kesiswaan selaku pembina dalam kegiatan MPLS tersebut dan selaku penangging jawab adalah kepala sekolah.

Kegiatan MPLS tahun ajaran 2021/ 2022 ini diikuti oleh peserta didik baru sebanyak 142 orang siswa terdiri dari 4 kelas program MIPA dan 3 kelas program IPS sebanyak  91 orang siswa. MPLS dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd, BI. dalam sambutannya Ibu Kepala Sekolah menyampaikan “walaupun sedang dalam kondisi pandemi, kita harus semangat jangan pantang menyerah”.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental,disiplin,dan mempererat tali persaudaraan antara peserta didik. Ini juga dijadikan sebagai media untuk mengenal lingkungan yang berada disekolah baik itu perkenalan antara sesama peserta didik,kakak kelas,bapak ibu guru sampai karyawan yang berada disekolah. Selain itu juga dijadikan ajang perkenalan semua kegiatan yang ada disekolah termasuk kegiatan ekstra kurikuler seperti pramuka,KIR dan PMR.