Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen Unimed Berikan Sosialisasi Edukasi Sadar Bencana Melalui Physical Activity Berbasis Mobile Application

Dosen Unimed Berikan Sosialisasi Edukasi Sadar Bencana Melalui Physical Activity Berbasis Mobile Application

Universitas Negeri Medan (UNIMED) memiliki beberapa Program Kemasyarakatan, salah satunya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED yakni program penelitian Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM ini lanjutan dari tahun 2021 dimana pada tahun 2022 ini memberikan sosialisasi Edukasi Sadar Bencana Melalui Physical Activity Berbasis Mobile Application kepada Kelompok Pemandu wisata Trakking Tourist Guide Club Bukit Lawang di kawasan Wisata Alam Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dari bulan Mei sampai dengan bulan Agustus tahun 2022 serta pendampingan dilakukan secara berkelanjutan. Kegiatan ini diketua oleh Dr. Nurkadri, M.Pd yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unimed dengan beranggotakan Argubi Silwan, S.Pd., M.Pd. (dosen FIK Unimed), Rini Andriani, S.Pd (Mahasiswa Pascasarjana S2 IKOR), Mizta Dwi Hafizah Furqoni, S.Pd (Mahasiswa Pascasarjana S2 Pend. Matematika), dan Rizky Nursasongko Gunri (Mahasiswa S1 PKO FIK). Gegiatan ini di ikuti oleh Kelompok Pemandu wisata Trakking Tourist Guide Club Bukit Lawang di kawasan Wisata Alam Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini di buka langsung oleh Ketua Kelompok Pemandu wisata Trakking Tourist Guide Club yaitu sileh Fikri Aldi. Pada sambutannya beliau mengungkapkan rasa terimaksih yang sebesar besarnya telah memberikan edukasi tentang sadar bencana alam terutama bencana alam banjir bandang yang sudah sering terjadi di Bukit Lawang. Edukasi ini merupakan pengetahuan akan pencegahan atau mengantisifasi terjadinya bencana banjir bandang dan aktifitas kebugaran jasmani untuk pemandu wisata khususnya pemanduwisata di Bukit Lawang. Sejalan dengan apa yang telah diungkapkan oleh silih Fikri Aldi, tujuan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan edikasi kebencanaan terutama mengantisifasi bencana banjir bandang dan melakukan aktifitas kondisi fisik kepada pemandu wisata yang ada di wisata Bukit Lawang. Sosialisasi ini bukan hanya untuk pemandu wisata saja secara khusus, melalui pemadu wisata ini diharapkan edukasi sadar bencana alam ini juga tersampaikan dan menjadi pengetahuan kepada semua masyarakat yang berada di bantaran sungai wisata Bukit lawang Kecamatan Bahorok.(Humas Unimed)