Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

TOT Kebhinekaan Persiapkan Dosen PPG Unimed Sebagai Agen Perubahan di Dunia Pendidikan

TOT Kebhinekaan Persiapkan Dosen PPG Unimed Sebagai Agen Perubahan di Dunia Pendidikan

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Medan menggelar Traning of Trainer Wawasan Kebhinekaan PPG Prajabatan Gelombang 2 Angkatan Tahun 2023 pada Sabtu, 27 April 2024 bertempat di Hermes Hotel.

Kegiatan ToT ini di ikuti 80 Dosen PPG Prajabatan Angkatan II Universitas Negeri Medan dan di pandu oleh instruktur Unimed yaitu Dr. Deny Setiawan, M.Si, Dr. Rahmad Husein, M.Ed, Arief Wahyudi, S.H.,M.H dan Dr. Reh Bungana Beru PA, S.H.,M.Hum.

Ketika membuka acara Wakil Rektor 3 Prof. Dr. Marice, M.Hum menyampaikan “Seperti kita ketahui, salah satu dari karakter Profil Pelajar Pancasila adalah Berkebinekaan Global, artinya pelajar pancasila harus memiliki perasaan menghormati keberagaman atau toleransi terhadap perbedaan tidak hanya di level Indonesia tetapi juga di tingkat global. Dengan kebinekaan global, pelajar pancasila diharapkan bisa menerima perbedaan, tanpa menghakimi, dan tidak merasa dirinya atau kelompoknya lebih baik dari kelompok lain,”.

Lebih lanjut Prof. Marice menjelaskan bahwa kebhinnekaan adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri dan rawat bersama. “Dalam perbedaan, kita temukan kekuatan. Melalui dialog, toleransi, dan penghargaan terhadap keberagaman, kita dapat menciptakan lingkungan yang memungkinkan setiap individu untuk berkembang maksimal tanpa rasa takut atau diskriminasi,” ujar Prof. Marice.

“Melalui Kegiatan ini, mari kita jadikan momen berharga untuk saling belajar, berbagi pengalaman, dan menginspirasi satu sama lain. Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya inklusi dan keragaman dalam pendidikan, serta berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat dan dunia. Dengan kegiatan ini diharapkan para dosen dapat menyampaikan ke mahasiswa Pendidikan Profesi Guru di masing-masing Prodi, yang nantinya menjadi guru-guru yang dapat meneladani filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu Tut Wuri Handayani. Semoga acara ini menjadi titik awal dari perjalanan yang penuh makna menuju perubahan yang lebih baik dalam dunia Pendidikan,” tutup Wakil Rektor 3.(Humas Unimed/zr)