Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Polmed Raih Top 1 Perguruan Tinggi Vokasi pada Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024

Politeknik Negeri Medan memperoleh posisi teratas (Top 1) di antara Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) dalam Program Praktisi Mengajar (PM) Angkatan 4 tahun 2024. Capaian ini disampaikan pada kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024 antara Perguruan Tinggi Pelaksana Program Praktisi Mengajar baik akademik maupun vokasi, yang dilaksanakan pada Senin (6/5/2024) di Gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Jakarta.

Hasil capaian Top 1 pada Perguruan Tinggi Vokasi  dalam Program PM Angkatan 4 didasarkan pada jumlah Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) yang paling banyak disetujui setelah melalui proses review oleh Kemdikbudristek.

RKK merupakan dokumen penting yang merinci rencana pengajaran berbasis praktisi di lingkungan pendidikan vokasi. Proses review yang dilakukan oleh Kemdikburistek memastikan bahwa RKK yang disetujui memenuhi standar yang ditetapkan.

Program PM yang difasilitasi oleh Kemdikbudristek ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara dunia Pendidikan vokasi dan industri dengan mengintegrasikan wawasan praktis dari praktisi berpengalaman ke dalam kurikulum pendidikan. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan.

Dr. Ir. Idham Kamil, S.T., M.T., Direktur Politeknik Negeri Medan, menyatakan antusiasme tentang kolaborasi ini, dengan menyatakan, ” Prestasi ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas kemitraan dengan dunia industri. Prestasi ini mencerminkan dedikasi kami dalam memberikan pendidikan yang praktis dan berbasis industri dan mempersiapkan mereka dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia industri.”

Perjanjian Kerja Sama ini  ditandatangani langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Medan dan Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. Bersama Direktur, turut juga berhadir Koordinator Perguruan Tinggi untuk program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Polmed, Ibu Dina Arfianti Siregar, S.E., M.Si pada kegiatan ini.

Program ini sebagai wujud pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) 4 Kemdikbudristek tentang Praktisi mengajar di Perguruan Tinggi dan  IKU 7 tentang kelas kolaborasi pembelajaran melalui metode project based learning (PBL) maupun case based learning (CBL).

Tujuan akhir program ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa tentang DUDIKA (Dunia Usaha, Dunia Industri, Dunia Kerja) dan capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.