Minggu, 28 April 2024
Sekolah Dasar

Kuatkan kebersamaan dan Kekompakan, SD Muhammadiyah Bodon Gelar Buka Puasa Bersama Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Kuatkan kebersamaan dan Kekompakan, SD Muhammadiyah Bodon Gelar Buka Puasa Bersama Pendidik dan Tenaga Kependidikan

sdmuhbodon.sch.id- Bulan Ramadhan terdapat banyak keutamaan untuk dapat dilakukan. Kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan merupakan momentun yang baik untuk merajut kebersamaan dan ukhuwah. Tidak terkecuali bagi SD Muhammadiyah Bodon yang memanfaatkan keutamaan dan keberkahan bulan Ramadhan dengan melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama dengan tujuan agar kerjasama, kekeluargaan dan persaudaraan antara keluarga besar SD Muhammadiyah Bodon selalu terjaga dengan baik. Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) beserta Tim Kantin SD Muhammadiyah Bodon menggelar kajian dan buka puasa bersama pada hari Jumat 22 Maret 2024 bertempat di Rumah Makan Mataram Indah.

Kegiatan ini diisi dengan beberapa rangkaian acara diantaranya sambutan dan penguatan oleh Komite Sekolah yang diwakili Bapak H. Siswanto, B.E., dan sambutan Kepala Sekolah Bapak Eko Rusyan., M.Pd.. Kegiatan berikutnya adalah tausyiah kajian jelang berbuka oleh Bapak Drs. H. Totok Sudarto., M.Pd. yang merupakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul sekaligus Dewan Pendidikan Provinsi Yogyakarta yang dilanjutkan dengan pembacaan doa dan berbuka puasa bersama. Kegiatan ditutup dengan melaksanakan shalat maghrib berjamaah.

Pembicara kegiatan ini, Bapak Drs. H. Totok Sudarto., M.Pd. dalam tausiyahnya menjelaskan tentang filosofi hidup dan nilai kearifan lokal yaitu hamemayu hayuning bawana dan ajaran moral sawiji, greget, sengguh ora mingkuh serta dengan semangat golong gilig. Dijelaskan oleh beliau bahwa filosofi tersebut harus menjadi spirit dan landasan PTK dan warga sekolah karena mengandung makna yang sangat mendalam bagi kehidupan sehari-hari. Beliau lebih lanjut menjelaskan bahwa filosofi tersebutmengandung makna untuk dapat melindungi, memelihara serta mementingkan kemashlahatan bersama dan kebijaksanaan dalam bertindak, pengabdian yang ikhlas. Makna selanjutnya adalah bahwa seseorang harus dapat berkonsentrasi, semangat, percaya diri dengan rendah hati, dan bertanggung jawab. Sifat atau watak dalam penjelasan filosofi inilah yang harus menjiwai PTK dalam menjalankan tugasnya mendidik dan membimbing siswa-siswi di SD Muhamadiyah Bodon.

Sementara dalam sambutannya, Komite Sekolah Bapak Siswanto, BE menyampaikan bahwa kegiatan buka bersama merupakan kegiatan dalam mengelola usaha bersama dalam sinergi dan kekompakan dalam mencapai visi dan tujuan SD Muhammadiyah Bodon. Senada Kepala Sekolah dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama dan rasa kekeluargaan diantara PTK sehingga tercipta keharmonisan dan kekompakan dalam menjawab tantangan kedepan. Selanjutnya Kepala SD Muhammadiyah Bodon pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ungkapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada PTK SD Muhammadiyah Bodon yang telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dalam  melaksanakan tugas dan kewajiban di sekolah. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan guna mewujudkan dan menjaga persaudaraan antar sesama warga sekolah, Guru dan Karyawan.”pungkasnya. (afdn)