Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhammadiyah Bantul Outdoor Class XI Goes to Semarang

SMA Muhammadiyah Bantul mengadakan kegiatan outdoor class bagi kelas XI. Kegiatan outdoor class meliputi serangkaian kunjungan industri ke PT Nissin Biscuit Indonesia, kunjungan kampus ke Universitas Diponegoro, dan wisata ke Dusun Sumilir. Serangkaian kegiatan ini ditujukan untuk pemantapan karier bagi peserta didik kelas XI sekaligus refreshing bersama untuk membangun kesolidan dan kekompakan kelas.

Kegiatan SMA Muhammadiyah Bantul Outdoor Class XI Goes to Semarang dilaksanakan pada Kamis, 26 Oktober 2023. Sebanyak 110 peserta didik dan 7 guru pendamping mengikuti kegiatan ini.

Kunjungan Industri PT Nissin Biscuit Indonesia
SMA Muhammadiyah Bantul memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman terjun dan terlibat dalam dunia industri. Salah satu hal yang dilakukan adalah bekerja sama dengan PT Nissin Biscuit Indonesia untuk mengadakan kunjungan industri. Hal tersebut disambut dengan baik oleh segenap tim PT Nissin yang bertugas. Kegiatan kunjungan industri diawali dengan penjelasan proses produksi dengan berkeliling di sekitar pabrik produksi. Peserta didik dapat melihat bagaimana proses pembuatan produk Nissin yang sangat lezat dan beraroma susu tersebut. Setelah melihat proses produksi, peserta didik dipersilakan untuk mengeksplorasi sejarah Nissin melalui Museum PT Nissin Biscuit Indonesia. Selanjutnya, terdapat sesi tanya jawab dan diskusi dengan nara sumber di mana peserta didik dapat mengorek informasi mengenai dunia industri di sana. Setelah kegiatan tersebut peserta didik dapat menikmati jamuan makan siang, mendapatkan bingkisan, dan dapat berbelanja di pusat perbelanjaan PT Nissin Biscuit Indonesia.

Kunjungan Kampus ke Universitas Diponegoro
Setelah mengenal dunia industri, rombongan SMA Muhammadiyah Bantul melaju ke Universitas Diponegoro (UNDIP). Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan baru mengenai dunia kampus, program pemantapan studi lanjut, dan memberikan opsi sebelum berkecimpung ke jenjang universitas. Dalam kegiatan ini, peserta didik mendapatkan pengenalan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), beasiswa yang tersedia, dan motivasi untuk studi lanjut. Peserta didik sangat antusias dengan pemaparan informasi PMB yang disampaikan oleh Bapak Ir. M. Arfan, S.Kom., M.Eng. (Kepala Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan UNDIP).

Wisata ke Dusun Sumilir

Untuk melepas lelah dan penat rombongan SMA Muhammadiyah Bantul berwisata ke Dusun Sumilir. Di sana mereka menikmati arena permainan yang menyenangkan dan memacu adrenalin. Setelah lelah bermain, rombongan pun beristirahat dan menikmati santapan makan malam di Sumilir sebelum akhirnya kembali ke Yogyakarta.