Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

UNIMED Berikan Pendampingan Penulisan Publkasi Ilmiah kepada Guru Se-Sumut

UNIMED Berikan Pendampingan Penulisan Publkasi Ilmiah kepada Guru Se-Sumut

Universitas Negeri Medan memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam menulis karya ilmiah melalui kegiatan “Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah”. Kegiatan Workshop yang dilaksanakan secara daring pada 23 Agustus 2022 merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang. Kegiatan Workshop menghadirkan narasumber Dr. Syamsul Gultom (Rektor UNIMED), Prof. Dr. Syawal Gultom (Ketua Senat UNIMED) dan Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D (Wakil Rektor IV) sebagai Keynote Speaker dan pembicara diisi Pengelola Jurnal Unimed yakni Drs. Sriadhi, M.Pd., M.Kom., Ph.D, Dr. M.Surip, M.Si., Dr. Anna Riana Suryanti Tambunan, S.S., M.Hum. dan Eko Prasetya, S.Pd., M.Sc.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom ketika membuka kegiatan menyampaikan “Kegiatan yang kita ikuti ini, yang dilaksanakan oleh kantor Wakil Rektor IV, memiliki tujuan, berupaya memberikan kontribusi positif bagi Guru-guru di Provinsi Sumatera Utara dalam hal membantu agar guru-guru kita ini memiliki karya tulis ilmiah yang dapat terbit di jurnal ilmiah terakreditasi. Kami memperoleh data di lapangan, bahwa banyak guru-guru yang kesulitan dapat naik pangkat dan golongan. Satu masalahnya adalah mereka kesulitan menghasilkan karya tulis artikel ilmiah yang berhasil terbit di jurnal terakreditasi nasional atau jurnal bereputasi internasional.”

Rektor mengatakan bahwa melalui kegiatan Ini menjadi bukti dan wujud kehadiran Unimed dalam memberikan kebermanfaatan bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Unimed akan terus berupaya hadir ditengah-tengah masyarakat dalam memberikan solusi dan alternatif bagi semua permasalahan yang ada di masyarakat. Esensi sebuah perguruan tinggi adalah bagaimana keberadaannya dinanti dan dapat memberikan kebermanfaatan bagi kemaslahan dan kesejahteraan hidup masyarakat.

Dalam paparannya mengenai “Guru Profesional Masa Kini” Prof. Syawal menyampaikan “Seorang guru harus dapat menyampaikan, mendemonstrasikan dan memberikan inspirasi bukan hanya berkata saja maka murid dapat lupa. Seorang guru harus dapat memimpin dalam menciptakan inovasi. Untuk itulah agar guru dapat menjadi guru yang profesional yang diperlukan adalah lewat publikasi ilmiah. Seorang guru dapat menulis dengan CPD (Continue Professions Development) Pengembangan Profesi yang berkelanjutan,”.

Lanjutnya Prof. Syawal mengatakan Pengembangan Profesi yang berkelanjutan meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. “Ketiga hal tersebut saling berhubungan yakni untuk mengembangkan diri maka seorang guru harus dapat menulis publikasi ilmiah dan kemudian menciptakan karya inovatif,” ujar Prof. Syawal.

Prof. Syawal berpendapat bahwa yang menghambat para guru dalam membuat penelitian atau publikasi adalah Mindset/Pola Pikir, karena itulah para guru harus dapat mengubah mindset terlebih dahulu sebelum memulai membuat penelitian atau publikasi.

Prof. Manihar dalam paparannya menyampaikan guru profesional adalah seorang periset, penulis dan inovator. “Guru sebagai peneliti adalah melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan PTK maka kita dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Keterampilan meneliti itu adalah ciri utama dari guru profesional. PTK mengarah pada penelitian kualitatif,”

“untuk memulai PTK kita mulai dari menyusun proposal yang berasal dari masalah yang dihadapi di dalam kelas. Kemudian Melaksanakan penelitian yang realistik kemudian PTK baru dipublikasi. Dengan PTK di publikasi maka kita akan diakui sudah berkontribusi di komunitas ilmiah, meningkatkan kredibilitas ilmiah, sebagai bukti ilmiah keahlian  dan kontribusi kita dalam tingkatkan daya saing bangsa,” ujar Prof. Manihar.

Lanjutnya Prof. Manihar mengatakan kepada guru yang menjadi peserta workshop nantinya akan didampingi oleh para pendamping yang ahli di dalam bidangnya sehingga PTK yang dibuat oleh para guru dapat menjadi artikel yang baik sehingga dapat dipublikasi di jurnal terakreditasi nasional. “Melakukan PTK dan penulisan artikel ilmiah di jurnal bereputasi sangat perlu dikuasai Guru karena itu menjadi Kebanggan kami bila hasil penelitian (PTK) saudara telah dirubah menjadi artikel ilmiah, dan dapat disubmit dan terbit di Jurnal ilmiah bergengsi,” tutup Prof. Manihar.

Kegiatan Workshop ini dilanjutkan dengan pendampingan kepada 30 guru yang sudah mensubmit judul/proposal PTK sebelumnya. Para guru dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing dibimbing oleh pendamping penulisan jurnal. Adapun pendamping yang akan mendampingi para guru dalam pembuatan artikel jurnal adalah Freddy Tua Musa Panggabean, S.Pd., M.Pd., Elvi Mailani, S.Si., M.Pd., Drs. Sriadhi, S.T., M.Pd., M.Kom., Ph.D., Dr. M. Surip, S.Pd., M.Si., dan Dr. Anna Riana Suryanti Tambunan, S.S., M.Hum. Kegiatan pendampingan akan dilaksanakan secara daring dimulai 23 Agustus – 30 September 2022. Produk akhir dari pendampingan ini adalah artikel publikasi ilmiah PTK yang dipublikasi di jurnal terakreditasi nasional.(Humas Unimed/zr)