Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Lepas 1118 Mahasiswa Ikuti PLP

Rektor Lepas 1118 Mahasiswa Ikuti PLP

Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor III, Assoc Prof. Dr. Rudianto, M.Si., melepas sebanyak 1118 mahasiswa mengikuti Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) dan PLP 3 di 52 sekolah, di Lapangan Kampus Utama UMSU, Jalan Kapten Muktar Basri No 3 Medan, Sabtu (3/9).

Rudianto mengatakan PLP merupakan program akademik yang harus dilalui dan yang berbeda adalah setelah Covid-19 kegiatan ini kembali dilaksanakan dan dilepas secara terpadu. Program PLP 2, PLP 3 dan PLP terintegrasi KKN yang diikuti sebanyak 6 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.
“Pada dasarnya program ini tidak sekadar akademik semata, tetapi merupakan program yang membangun peradaban bangsa sebagaimana tertuang dala visi dan misi UMSU,” katanya.

Sebelumnya, Dekan FKIP UMSU, Dra. Hj Syamsuyurnita, M.Pd., mengatakan PLP 2 dan PLP 3 diikuti 1118 mahasiswa. Terdiri dari untuk PLP 2 (Administrasi Perangkat Pembelajaran) diikuti 535 mahasiswa. Nantinya akan melaksanaan PLP 2 mulai 5―17 September 2022, sedangkan program PLP 3 (Perangkat Pembelajaran) diikuti 583 mahasiswa  dilaksanakan pada 5 September―1 Oktober 2022. Untuk mitra sekolah, katanya sebanyak 52 sekolah dari PGSM (22 sekolah).
Wakil Dekan I, Dr. Dewi Kesuma Nasution, M.Hum, dan Wakil Dekan III, Mandra Saragih, M.Hum menambahkan, acara PLP 2 dan PLP 3 ditandai dengan pemberian piagam penghargaan kepada dosen pembimbing PKM-K dan Dosen Pembimbing IWDM.

Selain itu, penyerahan tali asih mahasiswa prestasi FKIP UMSU, peserta pertukaran mahasiswa Internasional Prodi Bahasa Inggris ke Kroasia atas nama Andika Zulham Wahyudi, Mr. Grand Tourism Sumut 2022 atas nama Rahmat Hidayat dan 1st RU Puteri Pendidikan Sumut 2022 (Maisyaroh Raudhah) dan Juara 1 Dongeng tingkat nasional Khairunnisa (PGSD) dan para pemenang PKM-K Mahasiswa Prodi Matematika, Pemenang IWDM (Innovasi Wirausaha Digital Mahasiswa).

Turut hadir mahasiswa FKIP UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) berjumlah 6 orang yang melaksanakan PLP 2 terintegrasi KKN di SMA Muhammadiyah 18 Medan, yang telah di MONEV langsung oleh Dekan FKIP UMS, Bapak Prof. Sutama, M.Pd pada tanggal 26 Agustus 2022.