Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Produktivitas Dosen, Umsida Adakan Workshop riset

Tingkatkan Produktivitas Dosen, Umsida Adakan Workshop riset

Umsida.ac.id –  Untuk meningkatkan produktivitas dosen dalam publikasi ilmiah, Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan Workshop Desain Riset dan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah Publikasi Nasional, Internasional, dan Abdimas di Fave Hotel, Senin-Selasa (12-13/9). Kegiatan ini diperuntukkan bagi para dosen di Prodi Akuntansi Umsida.

Dalam workshop yang diadakan selama dua hari itu, Prodi Akuntansi Umsida mengundang 3 narasumber, di antaranya dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang yakni Andy Bangkit MA Ph D sebagai penyampai materi metodologi penelitian kualitatif dan  Rudi Suryanto SE M Acc Ak  dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai penyampai materi pengabdian pada masyarakat, serta Dr Nanang Shonhadji SE MSi AK CA CMA CPA sebagai penyampai materi penelitian kuantatif.

Direktur Direktorat Riset dan Pengemabangan Masyarakat (DRPM) Dr Sigit Hermawan SE MSi Ak, mengatakan kegiatan ini memiliki proyeksi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dosen Akuntansi dalam hal penelitian. “Tujuan jangka pendeknya adalah upgrading ilmu yang dimiliki dosen-dosen Akuntansi dan dosen-dosen FBHIS,” ungkapnya.

Sementara luaran dari kegiatan ini nantinya setiap dosen akan menyerahkan proposal penelitian, roadmap penelitian dan abdimas. “Kan membuat proposal, nah jangka panjangnya adalah dosen akuntansi ini mampu untuk memenangkan hibah, baik hibah yang diselenggarakan internal Umsida, risetmu muhammadiyah majelis diktilitbang PP Muhammadiyah, dan riset yang diselenggarakan oleh dikti, dan juga hibah yang lainnya,” lanjutnya.

Melalui luaran tersebut, Dr Sigit Hermawan menambahkan, kegiatan seperti ini dapat kemampuan dosen akuntansi meningkat dalam hal metode penelitian, publikasi ilmiah, serta membuat proposal. Selain itu, nantinya diharapkan dapat menaikkan kinerja dan daya saing para dosen di area internal Umsida, di Muhammadiyah, nasional maupun internasional.

“Jadi dengan ini nantinya dosen Akuntansi mampu membuat proposal yang bagus, maka harapannya adalah bisa meraih hibah nasional sehingga dapat membawa kinerja yang bagus untuk di Umsida sendiri dan nantinya memenangkan hibah serta mampu untuk membuat naskah artikel untuk jurnal internasional. Selain itu, harapnnya bisa menaikkan peringkat Umsida secara nasional, menaikkan Umsida di antara perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, dan juga bisa menaikkan posisi jurnal SINTA-nya Umsida di level nasional,” pungkasnya.

(Shinta Amalia/Etik)

*Humas Umsida