Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

UKM AIESEC UNTAN, Organisasi Mahasiswa yang Kembangkan kepemimpinan dan Lakukan Pertukaran Pelajar Internasional

UKM AIESEC UNTAN, Organisasi Mahasiswa yang Kembangkan kepemimpinan dan Lakukan Pertukaran Pelajar Internasional

AIESEC adalah organisasi pemuda yang telah tersebar di 126 Negara termasuk di Indonesia.  AIESEC bertujuan untuk mengembangkan potensi anak muda melalui pengembangan kapasitas kepemimpinan yang mereka miliki. AIESEC in Indonesia terbentuk pada tahun 1984 dan saat ini tersebar 26 Local Committee di 18 kota dan 34 universitas termasuk AIESEC in Untan itu sendiri.

AIESEC in Untan terbentuk pada tahun 2013 dan resmi menjadi UKM sejak tahun 2020. Sebelum pandemi Covid-19, AIESEC in Untan melakukan banyak program yang berkaitan dengan Exchange yang bernama Global Volunteer. Global Volunteer merupakan program pertukaran untuk melakukan proyek sosial secara sukarela di luar negeri dengan rentang waktu 6-8 minggu. Proyek sosial yang dilaksanakan mengangkat isu – isu penting di masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, kebudayaan, lingkungan dan kewirausahaan.  Terdapat 2 jenis Global Volunteer. Yakni “Incoming Global Volunteer” di mana AIESEC in Untan menjadi tempat penyelenggaraan proyek sosial dengan peserta mahasiswa asing dari berbagai negara, dan “Outgoing Global Volunteer” di mana AIESEC in Untan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti proyek sosial di berbagai negara anggota AIESEC.

Di masa Covid-19, AIESEC in Untan melakukan program yang lebih relevan dengan situasi saat ini. Program fokus yang dilakukan saat ini di AIESEC in Untan yaitu magang internasional dan mengajar internasional, program sukarelawan yang membahas isu-isu sosial, serta program mentoring kepemimpinan dan rekrutmen anggota yakni Join AIESEC. Program-program yang dilakukan AIESEC in Untan berfokus pada pengembangan potensi kepemimpinan anak muda dengan memperluas relasi secara internasional dan nasional. September ini, AIESEC in Untan tengah membuka rekrutmen anggota baru. 

Program-program:

  1. Global Talent (GT) dan Virtual Professional Program (VPP)

Global Talent adalah program magang Internasional untuk membantu para pemuda mengembangkan karir mereka secara profesional. Virtual Professional Program (VPP) merupakan program magang internasional secara virtual. 

  1. Global Teacher (GTe)

Global Teacher adalah kesempatan mengajar di luar negeri bagi pemuda yang ingin mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kompetensi, dan meningkatkan peluang karir mereka. Melalui program ini, pemuda dapat mengembangkan skill kepemimpinannya sekaligus melakukan kegiatan mengajar di luar negeri. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan mengajar di luar negeri kepada pemuda yang memiliki latar belakang pendidikan atau bergerak di bidang pendidikan, sehingga program magang AIESEC ini dapat dijangkau oleh pemuda maupun institut pendidikan.

  1. AIESEC Future Leaders (AFL)

AIESEC Future Leaders (AFL) adalah program yang memberikan pengembangan pemuda dalam bentuk komunitas untuk kemudian mengambil peran kepemimpinan lebih lanjut di masyarakat. Program ini juga sebagai persiapan awal pengalaman organisasi dan karir mereka untuk menjadi pemimpin masa depan. Program AIESEC Future Leaders (AFL) adalah program 3 bulan yang terdiri dari sesi-sesi untuk pengembangan keterampilan,   di mana peserta dapat memperoleh pelatihan untuk soft & hard skill dengan basis kurikulum selama 3 bulan penuh. Pembicara dan mentor terkemuka hadir untuk membantu mewujudkan tujuan AFL untuk mengembangkan generasi muda.

  1. Local Project 

Local Project adalah kesempatan bagi anak muda di Indonesia yang ingin mengembangkan diri dengan cara membuat pengalaman untuk membentuk perspektif baru, memberikan dampak ke wilayah dan masyarakat sekitar. Proyek ini memberikan kesempatan pemuda untuk memberikan pengalaman baru dalam menciptakan dampak ke masyarakat dan memperkenalkan mereka pada konsep pengembangan skill kepemimpinan.

  1. KKN Project 

KKN project adalah kegiatan yang bersifat hybrid (online dan offline) dengan durasi waktu selama satu bulan yang diadakan oleh AIESEC di Untan untuk memberikan kesempatan untuk bersosialisasi, mengembangkan keterampilan, dan membangun hubungan skala internasional. Kegiatan ini diperuntukan bagi seluruh mahasiswa Universitas Tanjungpura tanpa terkecuali. Setelah mengikuti kegiatan ini, partisipan akan diberikan sertifikat dari Proyek KKN yangi nantinya dapat menjadi bukti bahwa partisipan tersebut telah melakukan KKN sehingga  tidak diharuskan mengambil KKN dari fakultas masing-masing.

  1. Paper Plane 

Paper Plane adalah proyek kesempatan mengajar bagi pemuda dengan latar belakang pendidikan untuk mengembangkan, meningkatkan kemampuan dalam mengajar serta kesadaran akan SDG nomor 4, dan menciptakan dampak bagi masyarakat. Durasi proyek dari paper plane ini adalah selama satu minggu yang terdiri dari 4 hari Program pelatihan, pengajaran untuk pemuda dalam mengajar dan kesadaran tentang SDG 4 dan Program kegiatan mengajar langsung selama 3 hari dimana anak-anak muda dapat langsung mengimplementasikan apa yang telah mereka dapatkan langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Pontianak.

  1. Impact Circle dan Youth Today 

Impact Circle merupakan webinar  yang berkaitan dengan isu-isu Sustainable Development Goals (SDGs) dan Youth Today merupakan webinar yang mebahas terkait isu-isu kepemimpinan & kesadaran betapa penting nya mengembangkan potensi kepemimpinan.