Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

7 Dokter FK Unila Ikuti Pembukaan Orientasi PPDS di RSUDAM

7 Dokter FK Unila Ikuti Pembukaan Orientasi PPDS di RSUDAM

(Unila): Tujuh dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) ikuti serah terima dan pembukaan “Orientasi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi” di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, Senin, 18 Oktober 2021.

Acara serah terima diwakili Dekan FK Unila Prof. Dr. Dyah Wulan S.R., S.K.M., M.Kes., kepada Direktur Umum RSUDAM dr. Lukman Pura, Sp.PD., K-GH., M.H.S.M., yang kemudian diserahkan kepada Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) RSUDAM Provinsi Lampung.

Penyematan tanda peserta secara simbolis menandai dimulainya pembukaan orientasi PPDS Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi angkatan pertama ini.

Direktur RSUDAM dr. Lukman Pura, dalam sambutannya menyampaikan, PPDS Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK Unila adalah buah kerja keras dari kedua belah pihak, khususnya Bagian Paru.

Pelaksanaan PPDS adalah salah satu milestone dari kerja sama Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek dan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam usaha peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.

Rencananya, RSUDAM juga akan mendirikan Pusat Layanan Jantung Terpadu, Layanan Kanker Terpadu, Pusat Rujukan Perinatologi, Poli layanan Eksekutif, Pengembangan Layanan Hemodialisa dengan CAPD, dan SimRS Terpadu serta Mandiri.

Pada pertemuan itu pula, Dekan FK Unila Prof. Dyah Wulan S.R., S.K.M., M.Kes., mengatakan, tujuh dokter peserta merupakan putra-putri terbaik Lampung yang mengikuti PPDS Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi di RSUDAM.

Mereka antara lain dr. Rizki Putra Sanjaya, dr. Adhi Nugroho Latief, dr. Pralia Winda Sari, M.Kes, dr. Elman Dani Firdaus, dr. Dwi Robbiardy Eksa, M.Kes, dr. David Tongon Silaen, dan dr. Dimas Trend Pinaka Baladika.

Mewakili Komite Koordinasi Pendidikan RSUDAM, Sekretaris Komkordik sekaligus Kepala Instalasi Diklat dr. Siska Lania, M.Kes., menyampaikan, akan mendukung Prodi PPDS Paru untuk mendukung pelaksanaan PPDS Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK Unila di RSUDAM yang berlangsung sekitar delapan semester. [Humas/Rilis]