Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Membangun Soft Skill Bersama Grand Artos Hotel and Convention

Membangun  Soft Skill Bersama Grand Artos Hotel and Convention

Magelang – Membangun soft skill peserta didik untuk menghadapi dunia kerja, acara ini dilaksanakan pada hari Kamis (6/10) pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB di Meeting Room SMK Muhammadiyah Salaman. Acara ini dilaksanakan guna membangun soft skill peserta didik dalam menghadapi dunia kerja. Guru tamu yang hadir adalah Bapak A. Purwa Arintaka, HRD di Grand Artos Hotel and convention. Seluruh peserta didik Kompetensi Keahlian Tata Boga dan Program Keahlian Kuliner beserta para guru mata pelajaranTata Boga dan Kuliner mengikuti acara tersebut.

“Sekitar 70% keberhasilan seseorang ditentukan oleh kemampuan soft skill nya dan sisanya ditentukan oleh kemampuan hard skill-nya. Lalu, apa sih soft skill itu? Soft skill merupakan kemampuan komunikasi, karakteristik, kecerdasan sosial, serta kemampuan beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja,” urai Pak Lito, demikian panggilan akrabnya, mengenai soft skill hari ini (06/10).

Lebih lanjut, guru tamu yang pernah mengisi materi surat lamaran pekerjaan Kompetensi Keahlian OTKP ini, memaparkan perlunya mengenal karakter diri dari sisi positif dan negatif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara belajar mengenal diri sendiri melalui sudut pandang orang lain. Beliau juga menyampaikan bahwa kita tidak boleh terlalu fokus dan berpatok pada kekurangan diri sendiri.

Menurut beliau kunci soft skill adalah komunikasi dan bahasa verbal maupun non verbal. Komunikasi tidak hanya tentang mendengar tetapi juga memperhatikan, mengerti dan mengingat. Teknik komunikasi bisa dari mimik wajah dan bahasa tubuh.

Kontributor        : Kesyalia Lita (XI KL), Dzakiyati Inayah (XI KL), Praba G.W. (XI DKV 3)

Fotografer          : Maulana Yusuf (X DKV 3)