Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop RTL Bertajuk Upskilling dan Reskilling

Magelang – SMK Muhammadiyah Salaman kembali menggelar workshop pada Rabu hingga Kamis, (08-09/08).  Kegiatan berlangsung di Meetingroom, dan diikuti oleh Bapak/Ibu Guru SMK Muhammadiyah Salaman.

Pemateri pada kegiatan tersebut ialah Ir. Erny Faridha, M.Pd., dari Balai Besar Penjaminan Mutu Vokasi Bisnis dan Pariwisata, Jawa Barat. Sebelum materi berlangsung, kegiatan diawali dengan Khutbah Iftitah.

Pada kesempatan tersebut, khutbah iftitah disampaikan oleh M. Andi Kurniawan, S.E.I. Ia menyampaikan materi mengenai 4 golongan orang menurut Imam Gazhali.

Empat golongan tersebut, diantaranya.

Pertama, orang yang berilmu dan menyadarinya, sehingga ia akan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk membantu orang lain.

Kedua, orang yang berilmu tetapi tidak menyadarinya. Biasanya orang-orang seperti ini cenderung pemalas, dan tidak menyukai hal-hal yang sifafnya ribet.

Ketiga, orang yang tidak berilmu dan menyadarinya, sehingga ia akan senantiasa belajar dan berprogres.

Keempat, orang yang tidak berilmu dan tidak menyadarinya. Biasanya, orang seperti ini justru akan merasa paling benar dan paling bisa.

“Barang siapa yang bersungguh-sungguh, niscaya dia akan sampai pada tujuan,” imbuhnya.

Setelah penyampaian khutbah iftitah selesai, dilanjutkan dengan sambutan dari Nurul Laili, S.Pd., selaku Kepala SMK Muhammadiyah Salaman. Ia menuturkan bahwa ……

Setelah itu, dilanjutkan dengan materi. Namun, materi diawali dengan … oleh Ramona Saviera Amalia, S.Pd.

Ia merupakan salah guru kejuruan Kuliner dari SMK Muhammadiyah Salaman yang sempat mengikuti Upskilling di Anala Hotel Convention. Pada momen tersebut, ia membagikan pengalaman dan ilmu baru selama mengikuti kegiatan Upskilling.