Sabtu, 11 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTsN Surakarta 1

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTsN Surakarta 1

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTsN Surakarta 1

            Surakarta- Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTsN Surakarta 1tahun  pelajaran 2020-2021 dilaksanakan pada Senin (04/10/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di ruang multimedia gedung 1 daripukul 08.00 sampai dengan 11.30. Tim Penilai yang bertugas adalah Pengawas Madrasah Kota Surakarta yaitu Dra.SriHartati, M.Pd. dan Istiqomah, M.Pd.

            “Selamat datang kami ucapkan kepada Tim Penilai PKKM MTsN Surakarta 1. Selamat bertugas dalam kegiatan PKKM hari ini.Kami dan segena ppanitia PKKM berusaha mempersiapkan berkas dan instrument dengan sebaik-baiknya. Harapan kami semoga dengan PKKM ini akan membawa kebaikan dan kemajuan MTsN Surakarta 1, “tutur Kirno, Kamad, dalam sambutannya.

            Sebelum  PKKM dimulai, kegiatan diawali dengan presentasi kepala madrasah.Dalam kesempatan ini Kamad memaparkan tujuan dan program madrasah serta kewirausahaan  dan supervisi guru dan tenaga kependidikan. “Kami mempunyai tujuan untuk menjadikan siswa madrasah menjadi siswa yang pintar, cerdas, dan saleh. Pintar sama dengan pandai, banyak akal dan mahir. Cerdas berarti sempurna perkembangan akal budinya dant   ajam dalam berpikir dan saleh bermakna taat dan sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah. Dengan tujuan tersebut kami ingin mencetak siswa MTsN Surakarta 1 menjadi siswa yang unggul dalam Iptek dan Imtak, “paparKirno.

            PPKM yang di lakasanakan di MTsN Surakarta ini merupakan PPKM periode tahunan. Tahun ini merupakan tahun pertama, karena periode 4 tahunans udah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. “Ada 4 komponen yang akan dinilai pada kegiatan ini. Komponen pertama yaitu usaha pengembangan madrasah dan komponen ke-dua pelaksanaan tugas manajerial. Komponen ke-tiga pengembangan kewirausahaan dan ke-empat supervise GTK. Penilaian komponen pertama dan ke-dua saya yang akan menilai, sedangkan penilaian komponen ke-tiga dan ke-empat akan dinilai oleh Bu Istiqomah, “jelas Sri Hartati, Pengawas Madrasah Kota Surakarta.SriHartati juga menjelaskan tugas Tim Penilai tidak hanya mencari kekurangan dan kelemahan Kepala Madrasah, tetapi memberimasukan dan saran pada Kepala Madrasah.

            “Salut untuk panitia PKKM MTsN Surakarta 1. Terimakasih untuk keterbukaan bapak ibu panitia dalam penilaian  ini. Kegiatan ini  merupakan embrio atau persiapan dalam menghadapi akreditasi di tahun pelajaran 2021-2022. Dari 4 komponen yang dinilai, hasilnya sudah baik dan lengkap.Hanya ada beberapa kekurangan yang sudah direkap oleh panitia untuk perbaikan selanjutnya. Meskipun hasilnya sudah baik, bapak ibu guru tidak boleh terlena.Hal yang sudah baik harus ditingkatkan dan dipertahankan, “jelas Istiqomah, Tim Penilai.

            “Alhamdulillah kegiatan PKKM berjalan lancar. Ada beberapa catatan baik berupa kekurangan dan masukan untuk madrasah kami dari Tim Penilai untuk membawa MTsN Surakarta 1 menjadi ‘Madrasah Mandir iBerprestasi’. Terimakasih bapak ibu panitia atas kerjasama yang luar biasa,”tutur Ari Purwani, Sekretaris PKKM MTsN Surakarta 1.(Diana/Asih)