Selasa, 02 Juli 2024
Sekolah Menengah Pertama

PEMILIHAN KETUA OSIM MTsN 4 ACEH BARAT DAYA PERIODE 2021/2022

PEMILIHAN KETUA OSIM MTsN 4 ACEH BARAT DAYA PERIODE 2021/2022

BLANGPIDIE – Untuk pertama kalinya dalam sejarah berdirinya sekolah, Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Aceh Barat Daya melaksanakan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) masa bakti 2021-2022 dengan sistem demokrasi, Sabtu (30/7).

Kegiatan ini digelar di halaman sekolah MTSN 4 Aceh Barat Daya dengan agenda penyampaian visi misi oleh para siswa yang mencalonkan diri menjadi ketua OSIM.

Antusiasme yang besar dari para siswa atas kegiatan ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mecnalonkan diri menjadi ketua OSIM, yaitu 18 siswa, yang terdiri dari 10 orang siswi dan 8 orang siswa.

Pembina OSIM MTSN 4 Aceh Barat Daya, Ucha Nadia Fitriyani, S.Si, mengatakan bahwa syarat menjadi calon ketua OSIM adalah mampu membaca Alquran dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar, selebihnya sekolah tidak menerapkan syarat khusus, yang terpenting adalah siswa mau dan percaya diri dulu untuk menjadi pemimpin.

“Antusiasme siswa mengikuti kegiatan peilihan calon ketua OSIM ini benar-benar di luar ekspektasi sekolah, karena pada dasarnya sekolah tidak terlalu membatasi atau membuat syarat khusus ya untuk menjadi calon ketua OSIM, yang terpenting anak mau dan berani dulu untuk memiliki sikap tanggung jawab jika terpilih nantinya” ujarnya.

Kegiatan pemilihan calon Ketua OSIM ini dilaksanakan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi siswa. Kegiatan ini juga akan dilangsungkan selama satu minggu penuh dan di akhir minggu tepatnya pada Jumat, 6 Agustus 2021, akan dilakukan pemungutan suara dengan menggunakan link google form yang akan dibagikan ke seluruh siswa dan dewan guru. Google form yang dibagikan ini nantinya akan menjadi media bagi mereka untuk memberikan suara pada calon Ketua OSIM yang ingin mereka pilih. Selama satu minggu sebelum pemilihan, para calon ketua OSIM akan melakukan kampanye ke setiap kelas untuk meraih dukungan suara sebanyak-banyaknya. (Vera)