Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UNNES Resmikan JPO Penguhubung Kampus Barat dan Timur

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr S Martono MSi meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pertama di UNNES yang pembangunannya telah selesai akhir Desember 2022.

Peresmian jembatan yang diberi nama JPO UNNES ini dilakukan Rektor UNNES bersama Wakil Rektor UNNES, dihadiri pimpinan di lingkungan UNNES, Jumat (27/1).

“Keberadaan JPO ini sebagai penghubung antara kampus barat dan kampus timur UNNES, selain itu untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki dan bersepeda yang ingin menyeberang dari satu sisi ke sisi lainnya,” ujar Rektor UNNES usai peresmian.

Menurut Rektor, belum ada JPO seperti itu di kampus lain, yang ada baru di UNNES.

“Saya kira di kampus lain belum ada JPO seperti itu, baru ada di UNNES,” kata Prof Martono.

Rektor berharap, JPO UNNES yang menghubungkan antara kampus barat dan kampus timur itu menjadi penanda eratnya hubungan keluarga UNNES sekaligus menjadi ikon UNNES sebagai perguruan tinggi berwawasan konservasi.

Kepala Unit Layanan Pengadaan UNNES, Untoro Nugroho ST MT menyampaikan bahwa JPO dibangun sebagai upaya mendorong transportasi hijau bagi sivitas akademika UNNES khusunya pejalan kaki dan pesepeda.

“Kami merasa ingin ikut bagian mendorong orang untuk berjalan kaki dan bersepeda dalam mewujudkan transportasi hijau,” jelasnya.

Selain meresmikan JPO UNNES, Rektor juga meresmikan edung arsip UNNES dan tugu konservasi yang berdiri gagah berkoridor garis lurus dengan monumen pancasila.