Rabu, 01 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Elma Mutmainnah, Mahasiswa FST UNJA Menjadi Duta Muda Indonesia Provinsi Jambi 2023

Elma Mutmainnah, Mahasiswa FST UNJA Menjadi Duta Muda Indonesia Provinsi Jambi 2023

JAMBI,- Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan FST Universitas Jambi (UNJA), Elma Mutmainnah, terpilih sebagai Duta Muda Indonesia Provinsi Jambi 2023 yang diadakan oleh Yayasan Duta Muda Indonesia (YDMI) secara daring pada 30 November 2022.

Setelah mengalahkan 20 peserta lainnya, Elma yang mewakili Provinsi Jambi nantinya akan bersaing di tingkat nasional pada 9-11 Maret 2023 di Provinsi Sumatera Utara.

Elma menjelaskan motivasi, persiapan yang dilakukan, dan harapannya sebagai Duta Muda Indonesia Provinsi Jambi 2023.

“Motivasi awalnya adalah karena ingin mencari ilmu dan pengalaman lebih, dan juga ingin memberikan motivasi kepada teman-teman yang lain agar jangan takut untuk mencoba. Persiapannya yaitu berdoa, mempelajari materi seputar kepemudaan, kepemimpinan, dan juga meningkatkan kepercayaan diri. Harapannya, bisa membawa Provinsi Jambi menjadi juara tingkat nasional pada Maret mendatang,” ungkapnya.

Elma pun menyadari bahwa ada banyak tugas sebagai Duta Muda Indonesia Provinsi Jambi, khususnya pada ruang lingkup lingkungan sesuai dengan asalnya yang berasal dari Prodi Teknik Lingkungan. Ia mengaku siap bekerja sama dengan para Duta Green Campus UNJA dalam menjalankan berbagai program berbasis lingkungan hidup.

“Akan ada banyak tugas sebagai duta muda yang dibagi menjadi beberapa posisi yaitu kepemudaan, kependidikan, lingkungan, pariwisata dan kebudayaan. Langkah nyata yang saya akan fokuskan lebih kepada lingkungan, hal ini juga menyangkut dengan transformasi UNJA sebagai Green Campus dan ikut dalam program UI Green Metric – UNJA Lestari. Tentunya hal ini akan berkerja sama dengan para Duta Green Campus UNJA 2023 dengan menyelenggarakan kegiatan berbasis lingkungan. Bisa seperti seminar lingkungan hidup, Campus Green Day, dan pelaksanaan kegiatan berbasis lingkungan hidup,” jelas Elma.

 

Dr. Ir. Jalius, M.S., Ketua Prodi (Kaprodi) Teknik Lingkungan FST UNJA, memberikan selamat atas pencapaian yang diraih Elma.

“Saya selaku Kaprodi mengucapkan selamat kepada Elma Mutmainnah telah berprestasi sebagai mahasiswa FST UNJA dan menjadi Duta Muda Indonesia Provinsi Jambi 2023. Selain itu, Elma juga berprestasi di bidang akademik dengan IPK 3,56, aktif berorganisasi, dan aktif mengikuti program MBKM. Harapan saya, semoga mahasiswa yang lain dapat terinspirasi seperti Elma ini dan menjadi telada yang dapat ditiru, aamiin,” ujar Dr. Jalius.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS