Selasa, 07 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UAD Kerja Sama dengan MPI PWM DIY Adakan Kelas Desain

UAD Kerja Sama dengan MPI PWM DIY Adakan Kelas Desain

Pelatihan kelas desain ‘Smartphone Design Editing’ kerja sama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan MPI PWM DIY (Foto: Royan Agil N)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) mengadakan pelatihan kelas desain Smartphone Design Editing dengan mengusung tema “Eksplorasi Kreativitas Diri di Era Digital dengan Desain Grafis Canva”. Acara diadakan 2 kali yakni pada Minggu, 29 Januari 2023 di Laboratorium Bahasa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UAD untuk batch I dan pada Minggu, 5 Februari 2023 di Kampus IV UAD untuk batch II dengan kuota terbatas.

Kegiatan tersebut adalah salah satu program MPI PWM DIY sekaligus menyemarakkan Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-13 Muhammadiyah DIY. Tujuannya untuk menfasilitasi generasi muda khususnya yang masih di tingkat pelajar maupun mahasiswa dalam memahami lebih lanjut mengenai desain grafis.

MPI PWM DIY mendatangkan Juwanti, M.Pd. selaku Owner Media Fahima dan Prayudha, M.A. selaku dosen digital journalism PBI UAD sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. Kelas ini mengupas berbagai macam ilmu terkait mempercantik latar belakang, menghapus latar, mengenal color palette, logo dan video desain feeds Instagram, pengenalan fitur Canva, membuat komik digital, serta lain-lain.

Melalui berbagai pelatihan aplikasi gawai populer di masyarakat, secara umum diharapkan transfer teknologi bukan lagi menjadi suatu yang harus didapatkan dalam jenjang pendidikan yang tinggi melainkan sudah menjadi “makanan wajib” bagi insan di era digital.

“Maka, harapannya ke depan didapatkan generasi muda yang tidak hanya mengikuti perkembangan mode dan fesyen, tetapi juga mengikuti perkembangan soft skill sehingga mampu bersaing dengan dunia luar. Pengasahan soft skill generasi muda juga dapat digunakan untuk mendukung mereka di dunia kerja ataupun di dunia pendidikan selanjutnya,” jelas Juwanti.

MPI PWM DIY berencana akan mengadakan MPI PWM DIY Design Competition sebagai tindak lanjut kegiatan kelas desain. Ini merupakan serangkaian acara yang bertujuan memberikan kesempatan kepada anak bangsa dalam menuangkan ide kreatif dan inovasi dalam perkembangan dunia desain grafis, serta mampu mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu mereka akan membuka pelatihan berbasis virtual untuk mewadahi peserta yang dari luar DIY.

Juwanti menjelaskan, “Selain kelas desain, di sini MPI PWM DIY juga meluncurkan even selanjutnya yaitu MPI PWM DIY Desain Competition, sebuah ajang lomba yang pesertanya dapat berkompetisi dan mengasah kemampuan dalam bidang desain grafis.” (roy)

uad.ac.id