Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UAD Raih Juara III di Ajang Pilmapres Nasional PTMA 2024

Mahasiswa UAD Raih Juara III di Ajang Pilmapres Nasional PTMA 2024

Yulia Gesti Merkuri, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) peraih Juara 3 Pilmapres Tingkat PTMA (Dok. Istimewa)

Yulia Gesti Merkuri, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih juara III di ajang penghargaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia pada Sabtu, 6 April 2024 via Zoom Meeting.

Acara ini diadakan oleh Pusat Prestasi Mahasiswa PTMA yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai tuan rumah Pilmapres PTMA 2024. Kegiatan diikuti oleh sekitar 112 mahasiswa berprestasi di PTMA se-Indonesia.

Yulia menceritakan mengenai perjalanan panjang dan persiapan yang dilakukannya untuk mencapai di titik ini. Mulai dari semester pertama, ia telah didukung penuh oleh Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa), fasilitas kampus, serta lingkungan yang kondusif untuk pengembangan diri. Selain kepadatan kuliah, ia juga aktif mengembangkan soft skill melalui berbagai kompetisi dan organisasi yang semua itu terkumpul menjadi poin pencapaian unggulannya.

Berbagai tahapan yang Yulia lalui dalam ajang Pilmapres adalah mengumpulkan karya ilmiah gagasan kreatif, berkas capaian unggulan, dan mengumpulkan video berbahasa Inggris mengenai SDGs. SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan dan sasaran global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015.

Kemudian, Yulia menjalani seleksi menjadi finalis Pilmapres ke tahap selanjutnya yakni presentasi gagasan kreatif, mengumpulkan poster deskripsi diri dan gagasan kreatifnya, serta presentasi menggunakan bahasa Inggris.

Ia menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini, menganggapnya sebagai motivasi untuk terus berprestasi di ajang Pilmapres selanjutnya. Ia juga menyampaikan kendala yang dihadapinya selama ini. “Untuk kendala itu, terutama dalam mengatur waktu antara kuliah, tugas, dan pembinaan yang dilakukan kampus. Meskipun begitu, saya sudah menemukan cara untuk mengatasinya yaitu dengan membuat skala prioritas dan membuat catatan kegiatan sehari-hari,” ujarnya.

Untuk pesan kesannya, Yulia membagikan quotes yang menjadi prinsipnya, “If it’s hard doesn’t mean it’s impossible, do your best and let god do the rest.” Pesan ini tidak hanya menjadi penguat baginya tetapi juga inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berprestasi. Prestasi Yulia di Pilmapres PTMA 2024 menjadi bukti bahwa dengan kerja keras, dukungan yang baik, serta sikap yang positif tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai. 

uad.ac.id