Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MANDUPA Gelar Pengukuhan Tahfidz Quran Angkatan Ke 4

MANDUPA Gelar Pengukuhan Tahfidz Quran Angkatan Ke 4

Humas, Mandupa.

MAN 2 Palembang pengukuhan Tahfidz Quran angkatan ke 4 Tahun Pelajaran 2022-2023. Sebanyak 99 orang siswa MAN 2 Palembang yang dikukuhkan sebagai Hafidz Quran, Rabu (15/2). Pengukuhan para Hafidz dan Hafidzoh ini dilakukan secara langsung oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil.

Adapun rangkaian pengukuhan Hafidz Quran ini diawali dengan pembukaan kemudian di lanjutkan dengan pembacaan Al-Quran sekaligus doa, lalu kata sambutan Kepala MAN 2 Palembang Hj. Rusmala Dewi, setelah itu kata sambutan oleh sekretaris komite MAN 2 Palembang, penampilan Hafidz dan Hafidzoh MAN 2 Palembang, setelah penampilan dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan para tahfidz Quran, Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel, setelah kata sambutan dilanjutkan dengan penampilan seni siswa MAN 2 Palembang, kemudian penutup.

Dalam sambutannya, H. Abadil memberikan selamat kepada seluruh Tahfidz Quran karena telah memberikan suatu kebanggan dan membuat mereka sebagai orang tua terharu akan hal ini. Abadil juga menyampaikan kepada seluruh yang hadir di acara pengukuhan Tahfidz Quran ini bahwa ada 4 macam ketika memandang itu mendapatkan pahala.

“4 macam memandang yang mendapat pahala adalah yang pertama memandang kedua orang tua, kedua memandang Ka’bah, ketiga memandang Al- Quran, dan keempat memandang pasangan (suami atau istri),”ujarnya.

“ketika kita memandang wajah orang tua kita terpancar raut wajah mereka dengan penuh kebahagiaan karena anaknya menjadi salah satu tahfidz Quran, janganlah kalian mengecewakan kedua orang tua kalian karena suatu saat nanti ketika mereka telah tiada yang kalian pandang hanyalah fotonya jangan sampai itu menjadi penyesalan untuk kalian, selain itu juga pahala yang besar pahalanya adalah memandang Ka’bah dan memandang Al-Quran. Al-Quran saja dipandang mendapat pahala apalagi membacanya karena setiap huruf di dalam Al-Quran itu banyak sekali pahalanya,”tutur H. Abadil.

Selanjutnya, Rusmala Dewi juga memberikan pesan kepada seluruh Hafidz dan Hafidzoh MAN 2 Palembang untuk terus memperbanyak hapalannya, “jika di pengukuhan kali ini kalian baru hapal 1 juzz, 2 juzz, atau 3 juzz, dan 15 Juzz, semoga dipengukuhan Tahfidz Quran selanjutnya kalian sudah hapal lebih dari,”pesannya. (am)