Selasa, 14 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Peletakan Baru Pertama Pembangunan Teaching Farm Closed House

Peletakan Baru Pertama Pembangunan Teaching Farm Closed House

Universitas Tanjungpura (Untan) dan PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Teaching Farm Closed House di Universitas Tanjungpura, Kamis (23/2/2023)

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, Rektor Untan Prof. Garuda Wiko, Mr. Peraphon Prayooravong, Presiden Eastern, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, Dr.(HC) Tjiu Thomas Effendy, SE., MBA Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk.

Teaching Farm Closed House merupakan kandang ayam modern dengan sistem tertutup, yang merupakan hibah dari PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk kepada Universitas Tanjungpura yang akan dikelola oleh Fakultas Pertanian Untan.

Rektor Untan, Prof. Garuda Wiko mengatakan Teaching Farm Closed House Untan bertujuan untuk menunjang peningkatan proses belajar-mengajar, praktikum, magang dan sebagai tempat penelitian bagi dosen/mahasiswa fakultas pertanian dan juga mahasiswa dari berbagai fakultas lain yang terkait di UNTAN.

“Diharapkan dapat melengkapi skill para mahasiswa, baik yang bersifat teknis mengenai pemeliharaan ayam broiler, maupun aspek sosial dan bisnis,” katanya.

Teaching Farm Close House Untan berukuran 120 x 12 meter dengan kapasitas bisa diisi 20 ribu ekor dan maksimal bisa 25 ribu ekor ayam.

“Mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan Teaching Farm closed house ini sebagai sarana dan prasarana belajar, serta melakukan riset inovasi pengetahuan di bidang pemeliharaan dan pengelolaan unggas, sesuai dengan perkembangan teknologi ilmu pengetahuan budidaya ayam broiler yang semakin mutakhir,” ucapnya.

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH, M.Hum mengatakan pemerintah saat ini telah menggiatkan program Pendidikan Vokasi

“Tentu dengan Program Pendidikan Vokasi ini, anak didik itu harus punya skill dan punya kemampuan, sehingga dalam menghadapi bonus demografi dan hitungannya setiap seorang produktif harus mampu menanggung dua puluh bahkan sepuluh orang,” katanya.

Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk Dr. (HC) Tjiu Thomas Effendy, S.E., MBA, menjelaskan Teaching Farm Closed House bertujuan untuk meningkatkan skil dan mempersiapkan SDM telah lulus.

“Fungsinya kita ingin mahasiswa lulusan nanti mereka betul-betul mengalami dan sudah siap karena sudah di-training di Closed House ini,” pungkasnya.