Rabu, 01 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UPB-LC UIN Jambi Adakan Pengenalan dan Pengarahan Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko

UPB-LC UIN Jambi Adakan Pengenalan dan Pengarahan Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko

[Humas UIN SUTHA]~~Pagi ini (Jum’at, 26 Mei 2023) Unit Pengembangan Bahasa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi (UPB-LC) mengadakan Pengenalan dan Pengarahan Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko. Acara dimulai pada pukul 8.30 WIB hingga pukul 11.15 WIB, dan dihadiri oleh kepala Unit Pengembangan Bahasa, bapak H. Izzat M. Daud, LC., MA., beserta jajaran tim seleksi beasiswa Maroko. Peserta acara adalah pemuda-pemudi lulusan pesantren yang berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Jambi.

Acara Pengenalan dan Pengarahan Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko ini dilaksanakan  dalam rangka memberikan petunjuk dan pengarahan teknis demi mempersiapkan para calon peserta seleksi agar dapat mengikuti seleksi dengan tepat dan efektif. Salah satu pengarahan yang disampaikan oleh Kepala Unit Pengembangan Bahasa, bapak Izzat M. Daud, adalah agar para peserta memperhatikan kestabilan koneksi internet selama mengikuti tes, dikarenakan tes Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko yang bersifat daring, atau online. Beliau juga mengingatkan agar peserta mengupdate sistem operasi Windows dan software Google Chrome yang mereka gunakan ke versi terbaru, serta memasang Safe Exam Browser di laptop atau komputer yang mereka gunakan, sebagai syarat wajib mengikuti proses seleksi. Peserta juga diingatkan untuk memastikan kepada orang tua atau wali mereka tentang izin keberangkatan ke Maroko.

Ada ribuan orang se-Indonesia yang ikut seleksi, dan 30 orang yang terpilih. Tapi 2 orang mengundurkan diri karena tidak diizinkan orang tua. Itu kan bermasalah.” Ucap Bapak Zulfadli, salah satu perwakilan tim Seleksi Beasiswa Moroko.

Setelah melakukan pengecekan kestabilan koneksi, tim Seleksi Beasiswa melakukan tryout. Peserta diminta mengerjakan  soal-soal ujian berbahasa Arab dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran soal-soal yang akan dihadapi peserta ketika mengikuti seleksi nantinya. Terlebih lagi, tim Seleksi Beasiswa ke Maroko juga berancana mengadakan simulasi tes seleksi pada hari selanjutnya (Sabtu, 27 Mei 2023).

Acara Pengenalan dan Pengarahan Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko akhirnya ditutup dengan pembahasan contoh soal, disertai tips dan trik untuk mengerjakan berbagi soal dan tipe tes, seperti tes tertulis, tes wawancara, dan lain-lain.

Distributor : Tim UPB

Editor : Humas UIN Sutha