Rabu, 15 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH JELANG TAHUN AJARAN BARU 2023/2024

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melakukan sosialisasi program sekolah bersama orang tua/wali peserta didik di aula sekolah. Kegiatan sosialisasi program sekolah ini dilaksanakan dari pukul 07.30 dan berakir pada pukul 10.00. Setelah sosialisasi program sekolah selesai, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan hasil belajar peserta didik di kelas masing-masing.

Sosialisasi yang disampaikan kepada orang tua peserta didik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan publikasi mengenai program sekolah yang akan dilaksanakan dalam kegiatan proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta untuk tahun pelajaran 2023/2024. Acara sosialisasi program sekolah juga menjadi ajang silaturahmi dan pengenalan antara manajemen sekolah dan juga wali kelas dengan seluruh orang tua peserta didik. Kegiatan dibuka dengan bacaan basmallah oleh pemandu acara, Bapak Triyanta Wahyu Nugraha, S.Sn, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipimpin oleh Ibu Ratri Kusumaningrum, S.Pd. dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Suratman, S.Pd.I.

Setelah pembacaan doa, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd., dalam membuka acara tersebut beliau memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada orang tua peserta didik yang telah hadir untuk mengikuti kegiatan sosialisasi program sekolah. Selanjutnya, dari terlaksananya kegiatan ini diharapkan akan muncul sinergi dan juga kolaborasi yang bersifat kekeluargaan antar pihak sekolah dengan orang tua peserta didik. “Selamat datang dan saya sampaikan ucapan terima kasih Bapak/Ibu orangtua/wali murid yang berkenan hadir dalam mengikuti kegiatan sosialisasi program sekolah ini. Saya berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat melahirkan sinergi dan juga kolaborasi bersama dalam ukhuwah diantara sekolah dan orangtua peserta didik untuk menyukseskan program sekolah yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta” tutur Dr. Rahayuningsihh, S.Pd.,M.Pd.

Setelah acara pembukaan dan pengenalan pimpinan sekolah dan jajarannya serta wali kelas dilakukan, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan tentang program sekolah yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta oleh kepala sekolah.  Pemaparan yang disampaikan dimulai dengan pembahasan mengenai kriteria kenaikan kelas dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan rutin sekolah mulai awal tahun pelajaran sampai akhir tahun pelajaran dari masing-masing bidang yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Dalam penjelasannya, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengungkapkan bahwa, “kriteria kenaikan kelas dalam implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menetapkan bahwa peserta didik akan dinyatakan naik kelas dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti laporan kemajuan belajar peserta didik, laporan pencapaian projek pelajar pancasila, ekstrakurikuler/prestasi/penghargaan peserta didik, dan tingkat kehadiran di sekolah dalam KBM, tutur Rahayuningsih”

“Untuk kegiatan rutin sekolah meliputi program literasi, fokus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) , penanaman karakter (sholat dhuha, sholat dzuhur dan asar berjamaah, sholat Jum’at, pengajian, Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), Muhi Berbagi dll), pembelajaran luar kelas, studi tour, baitul arqam, tasmi’ Qur’an dan masih banyak lagi kegiatan rutin yang biasa dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Surkarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd menambahkan.

Program sekolah yang sudah disusun dengan rapi ini tentunya akan dapat berjalan dengan baik apabila ada sinergi antara sekolah dengan orangtua/wali dari peserta didik. Untuk itulah kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar ada kesamaan persepsi dan muncul kerjasama yang baik dari kedua belah pihak demi kemajuan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dalam mendidik peserta didik yang ada.

Ibu Nur selaku orang tua peserta didik baru yang menghadiri acara sosialisasi program sekolah ini merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Ibu Nur berterima kasih dan akan mendukung seluruh program sekolah yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan berharap agar semua program yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya sebagai wali murid merasa sangat senang dan mendukung adanya kegiatan ini, karena dengan pertemuan seperti ini akan ada komunikasi yang baik yang tentunya akan melahirkan sinergi positif antara sekolah dengan kami sebagai orangtua, dan tentunya dengan kegiatan ini pula saya menjadi paham dengan program yang ada di sekolah anak saya. Saya berharap semoga apa yang dikerjakan dalam program sekolah bisa berjalan dengan lancar”, ujar Nur.