Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Membangun Jiwa Kepemimpinan melalui Kemah dan Pelantikan Penghela Kepanduan Hizbul Wathan Qabilah R.R. Fachruddin 02.05.03

(Panitia Kemah HW)
(Apel Pembukaan Kegiatan Kemah HW)

Hizbul Wathan (HW) yang berati pembela tanah air merupakan gerakan kepanduan di Muhammadiyah. Kepanduan ini berupa sistem pendidikan luar keluarga dan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan membina watak anak, remaja, dan pemuda dengan metode menarik, menyenangkan, dan menantang serta di laksanakan di alam terbuka.

SMA Muhammadiyah Bantul telah melaksanakan Kemah dan Pelantikan Penghela Kepanduan Hizbul Wathan Qabilah R.R. Fachruddin 02.05.03 pada Senin, 19 Juni 2023 s.d Rabu, 21 Juni 2023. Kegiatan kemah ini diadakan di Desa Wisata Tinalah, Samigaluh, Kulon Progo. Kemah HW yang diikuti oleh kelas X ini ditujukan untuk membangun jiwa kepemimpinan peserta didik yang islami, tangguh, mandiri, optimis, dan bertanggung jawab.

Kegiatan kemah HW dimulai dengan apel pembukaan Kepala Sekolah di lapangan SMA Muhammadiyah Bantul, dilanjutkan dengan pemberangkatan ke lokasi perkemahan. Kemah yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini diikuti dengan tertib dan lancar. Selama kegiatan kemah para peserta dibekali dengan materi yang menarik, jelajah, rappelling, pentas seni, dan outbound.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesolidan di antara peserta didik. Selain itu juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang islami, tangguh, mandiri, optimis, dan bertanggung jawab.