Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PERPUSTAKAAN AKHLAKUL KARIMAH: SUKSES LOMBA CIPTA PUISI DAN TINGKATKAN DAYA TARIK PEMUSTAKA

PERPUSTAKAAN AKHLAKUL KARIMAH:  SUKSES LOMBA CIPTA PUISI DAN TINGKATKAN DAYA TARIK PEMUSTAKA

Guna meningkatkan kegiatan literasi di sekolah dan mendukung upaya peningkatan literasi di Yogyakarta demi mempertahankan peringkat sebagai Kota dengan Indeks Literasi tertinggi se Indonesia maka Perpustakaan Akhlakul Karimah SMK Ma’arif mengadakan lomba cipta puisi dan adakan reward berkala bagi pemustaka terajin dan pemustaka dengan peminjaman terbanyak di perpustakaan. Dalam hal ini seluruh warga SMK Ma’arif 1 Wates sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan turut meramaikan gerakan literasi di sekolah melalui perpustakaan.

Lomba cipta puisi yang diadakan perpustakaan Akhlakul Karimah pada 21 Juni-12 Juli ini mengangkat tema “Pendidikan Yang Menyenangkan” sebagai wujud sekolah sebagai SMK Pusat Keunggulan yang menerapkan kurikulum merdeka bagi seluruh warga sekolah baik pendidik maupun peserta didik. Dalam hal ini upaya tersisip upaya peningkatan literasi bagi siswa dan guru-karyawan yang mengikuti lomba cipta puisi ini.

Penyerahan penghargaan bagi peserta lomba dan pemustaka teraktif diselenggarakan pada Senin, 27 Agustus 2023 seusai upacara bendera oleh Kepala Sekolah H. Rahmat Raharja, S.Pd.,M.Pd.I di dampingi Wakil Kepala Sekolah Ibu Sumiyati, MBA, Bapak Prasetya Wibawa, S.TP, dan Bapak Budi Santosa, S.Pd. Berdasarkan hasil keputusan penjurian pemenang lomba cipta puisi kategori Guru karyawan yaitu peserta dengan nominasi terbaik 1 diraih oleh Risti Oktavia Ningsih, S.Pd. dengan judul Cita Rasa Generasi Bangsa, Terbaik 2 diraih oleh Rifa’atul Mufidah, M.Pd.I dengan judul Sudut Ruang Kelas, dan Terbaik 3 diraih oleh Dra. Sri Haryanti dengan judul Pendidikan Yang Menyenangkan.

Selanjutnya hasil lomba cipta puisi kategori siswa terbaik 3 diraih oleh ananda Naufal Fatihudin Hafiz Kelas X To 6 dengan Judul Sekolah Di Pagi Hari. Terbaik 2 Diraih Oleh Ananda Okta Pamungkas Rahmadani Kelas Xi To 1 Dengan Judul Cinta Tanpa Syarat Terbaik 1 Diraih Oleh Ananda Cahyo Faris Hutomo Kelas Xii Tjkt 1 Dengan Judul Pendidikan Yang Menyenangkan.

Pada kesempatan itu juga Bapak H. Rahmat Raharja, S.Pd.,M.Pd.I menyampaikan apresiasinya kepada Perpustakaan Akhlakul Karimah dengan diselenggarakannya kegiatan Lomba Cipta Puisi dan juga reward pemustaka. Dengan adanya kegiatan ini harapannya akan membuat inspirasi dan membangkitkan semangat yang lainnya baik siswa maupun pendidik untuk ikut serta mengikuti kegiatan-kegiatan perpustakaan yang lainnya.

Terbukti setelah diadakannya reward kepada pemustaka, perpustakaan Akhlakul Karimah dibanjiri pengunjung dan juga antusiasme siswa maupun guru yang ingin berlomba lomba menyemarakkan kegiatan literasi.

Loading