Minggu, 12 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim PKM LPPM UNIMED Berikan Pendampingan Berdrama dengan Menggunakan Model Sosiodrama di SMP N 2 Medan

Tim PKM LPPM UNIMED Berikan Pendampingan Berdrama dengan Menggunakan Model Sosiodrama di SMP N 2 Medan

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) LPPM Universitas Negeri Medan melakukan pengabdian masyarkat dengan memberikan pendampingan berdrama dengan menggunakan model sosiodrama di SMP N 2 Medan

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2023. Program ini diketuai oleh Trisnawati Hutagalung, S.Pd., M.Pd.,  Drs. Azhar Umar, M. Pd., Dra. Inayah Hanum, M. Pd., dan Ayu Nadira Wulandari, M. I. Kom., serta 5 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan.

TIM PKM ini bekerja sama dengan Kepala UPT SMP N 2 Medan, yaitu Ersada Br. Sembiring, S.Pd. Pendampingan ini diikuti oleh guru-guru bahasa Indonesia SMP N 2 Medan dengan harapan membantu mengembangkan keterampilan mengajarkan drama kepada siswa dengan model sosiodrama.

Menurut Trisnawati Hutagalung, S.Pd., M.Pd., drama sebagai alat untuk langsung mengekspresikan diri dan sebagai sarana pengenalan diri, karena melalui drama, seseorang dapat mendalami tokoh, mengikuti pergumulannya yang sangat pribadi, menjadi satu dengannya dan bila perlu meneladaninya. Sementara itu model sosiodrama ini merupakan model pembelajaran yang menekankan pada permainan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan manusia. Model sosiodrama ini model pembelajaran dengan mendramatisasikan tingkah laku manusia, yang melibatkan interaksi antara dua orang atau lebih tentang suatu tema.

Kegiatan ini diharapkan akan membantu mitra dengan menambahkan informasi dan pengetahuan bagi guru-guru dalam mengajarkan materi drama pada siswa. Produk hasil PKM ini berupa video pementasan drama.(Humas Unimed)