Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MPLS 2023-2024

MPLS 2023-2024

MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama lima hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Tercatat ada 173 calon siswa yang dinyatakan diterima di SMP Islam Al Azhar 19 Cibubur dan pada tanggal 10 Juli 2023 siswa yang dinyatakan diterima di SMP Islam Al Azhar 19 Cibubur mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungkan Sekolah) yang kegiatan tersebut diawali dengan Upacara Bendera di SMP Islam Al Azhar 19 Cibubur.

Adapun kegiatan MPLS di SMP Islam Al Azhar 19 Cibubur mencakup :

  1. Diskusi konseling.
  2. Mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.
  3. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi.
  4. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya.
  5. Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum.
  6. Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait.
  7. Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk berbagi pengalaman.
  8. Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.
  9. Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok.
  10. Beribadah keagamaan bersama.