Kamis, 09 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNM Kembali Kukuhkan Seribu Wisudawan

UNM Kembali Kukuhkan Seribu Wisudawan

Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mewisuda sebanyak 1000 wisudawan dan wisudawati periode Agustus Tahun Akademik 2023/2024, Selasa (22/8/2023) di Pelataran Menara Pinisi. 

Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam pidatonya menyampaikan bahwa proses akademik di UNM terus berjalan sesuai aturan dengan melahirkan 1000 alumni setiap bulannya.

“Proses akademik ini berjalan terus-menerus setelah sampai seribu yang sudah mendaftar kita pastikan akan gelar wisuda, dan itu berlangsung setiap bulannya,” ujarnya.

Husain Syam juga berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar selalu memberikan kualitas terbaik dan terus menjaga nama baik almamater serta ikut berperan ditengah masyarakat.

“Agar selalu memberikan kualitas dan menjaga nama baik almamater ketika kita lepas untuk kembali ke masyarakat, Kita pastikan mereka punya ilmu dan keterampilan, tapi jika itu tidak dilakukan secara terus-menerus pasti akan hilang. Oleh karena itu, para wisudawan harus selalu belajar,” tukas PHS.

Guru besar di bidang teknik pertanian tersebut mendorong para alumni agar selalu menunjukkan skill dan keterampilan dalam melakukan persaingan saat ini.

“Jangan berhenti di titik ini, kalau cuma modal S1 tidak cukup kuat untuk bersaing diluar sana, karena predikat pendidikan hari ini harus diiringi juga dengan skil dan kreativitas,” ungkapnya.

Apalagi, kata Prof Husain Syam, era digitalisasi atau society 5.0 saat ini, alumni dituntut agar mengikuti perkembangan zaman dengan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

“Kalau dia S2 atau S3 mencari pekerjaan pasti akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, malahan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain,” pungkasnya.

Untuk diketahui 1000 wisudawan tersebut diantaranya, Program Doktor 25 orang, Program Magister 121 orang, Program Sarjana 986 orang, dan Program Diploma 14 orang.

Adapun wisudawan terbaik dari berbagai jenjang yaitu, alumni terbaik S3 Program Doktor diraih oleh Dr. Farida, S.Ag., M.Pd dari Prodi Bahasa Inggris dengan IPK 3,98 masa studi 2 tahun 9 bulan.

Kemudian alumni terbaik S2 program magister diraih oleh Lisda Hasmianti, S.Pd., M.Pd dari Prodi Pendidikan Bahasa FBS dengan IPK 4,00 masa studi 1 tahun 9 bulan.

Untuk, alumni terbaik S1 program sarjana diraih oleh Taris Auliya Anas, S.Sos dari Prodi Sosiologi FISH dengan IPK 3,99 masa studi 3 tahun 10 bulan. (rri.co.id)